Tekuk Persela Lamongan, TIRA Persikabo Hentikan Kemarau Tiga Angka

Kehadiran pelatih anyar Liestiadi memberikan angin segar kepada TIRA Persikabo setelah mereka sukses memetik kemenangan 4-2 atas Lamongan di Stadion Sultan Agung, Bantul, Sabtu (27/11) sore WIB, pada matchday ke-14 Liga 1 2021/22.

Kemenangan itu membuat TIRA Persikabo menghentikan kemarau tiga angka di enam laga sebelumnya, dan menjadi debut manis bagi Liestiadi. TIRA Persikabo kini naik satu tangga ke peringkat 12 klasemen sementara dengan nilai 15. Sebaliknya, empat kekalahan beruntun yang diderita Persela membuat mereka terpaku di posisi ke-15 dengan 12 poin.

Persela memulai pertandingan dengan permainan agresif, dan memberikan tekanan bertubi-tubi ke pertahanan TIRA Persikabo. Upaya mereka membuahkan hasil ketika laga memasuki menit ke-14. Umpan panjang diselesaikan untuk menaklukkan kiper Tedi Heri Setiawan.

TIRA Persikabo yang merasa kecolongan langsung meningkatkan irama permainan. Usaha mereka untuk menyamakan kedudukan baru membuahkan hasil pada menit ke-33. Penjaga gawang Dwi Kuswanto berusaha mematahkan peluang lawan dari sepak pojok. Namun bola yang ditinjunya justru mengarah ke kepala Manahati Lestusen yang langsung menanduk bola ke jala Persela.

Gol ini menggoyahkan pemain Persela. Akibatnya, TIRA Persikabo memanfaatkan situasi itu untuk berbalik unggul di menit ke-40. Umpan panjang dari garis tengah membentur badan Andri Muladi, dan Ciro Alves memanfaatkannya dengan baik, sehingga membawa TIRA Persikabo unggul 2-1 di babak pertama.

Pertarungan antara TIRA Persikabo dan Persela tetap berlangsung ketat di babak kedua. Persela akhirnya sukses menyamakan kedudukan di menit ke-53 lewat gol Riyatno Abiyoso memanfaatkan kesalahan yang ingin memberikan backpass sundulan.

Selepas itu, TIRA Persikabo mendominasi permainan, dan mendapatkan dua peluang. Pada menit ke-66, tendangan masih dapat ditepis Ravis. Sedangkan di menit ke-78, sepakan Ciro Alves melayang tipis di atas mistar.

TIRA Persikabo kembali unggul pada menit ke-81. Umpan panjang Roni Sugeng dari garis tengah coba dihalau Ravi, namun bola tidak berhasil disentuh. Ciro yang turut mengejar bola akhirnya tanpa kesulitan menceploskan bola ke dalam gawang.

Persela mempunyai peluang untuk menyamakan kedudukan selang tiga menit kemudian. Tetapi sepakan Malik Risaldi memanfaatkan kemelut di depan gawang masih membentur badan Andy Setyo, walau Tedi Heri sudah mati langkah.

Ciro akhirnya mencetak hat-trick sekaligus memastikan kemenangan TIRA Persikabo menjadi 4-2. Gol itu dihasilkan lewat skill mumpuni pemain asal Brasil tersebut, dan melesakkan bola dari dekat garis tepi lapangan tanpa bisa dibendung Ravi.

Berikut susunan pemain kedua tim:

TIRA Persikabo: Tedi Heri Setiawan; Andy Setyo, , Gilang Ginarsa, Shumeiko Veniamin, Manahati Lestusen, Guntur Triaji, Roni Sugeng, , Ciro Alves, Dimas Drajad.

Persela: Ravi Murdianto; Andri Muladi, Moch Zaenuri, Ahmad Bustomi, Nasir, Ahmad Birrul Walidain, Riyatno Abiyoso, , , Malik Risaldi, Ivan Carlos.

Berita Terkait