Muba Babel United Terjang ‘Badai’ di Liga 2 2021

Muba Babel United sempat terpuruk selama delapan minggu di dasar klasemen. Mereka kini mampu melewati badai untuk keluar dari zona degradasi dan sedang membidik finis di posisi ketiga klasemen Liga 2 Grup A.

Muba Babel United mengawali perjalanan Liga 2 2021 dengan sangat buruk. Dua kekalahan didapat pada awal-awal kompetisi dengan tumbang 0-1 dari Sriwijaya FC dan 0-2 melawan PSMS Medan.

Poin pertama didapatkan Babel United bermain imbang 1-1 dengan Tiga Naga di pekan ketiga. Tim yang dibesut Sasi Kirono kemudian menelan kekalahan 0-1 dari Semen Padang dan imbang tanpa gol melawan PSPS Riau.

Putaran pertama dilalui Babel United dengan cuma meraih dua poin dan mencetak satu gol. Hasil itu tentu sangat buruk untuk Muba Babel United yang punya ambisi promosi ke Liga 1 2021.

Permasalahan Babel United dalam mengarungi Liga 2 2021 sebetulnya menjadi sangat berat setelah bos besarnya, Dodi Reza Alex Noerdin, sedang terjerat masalah di luar sepakbola. Suasana di klub secara tidak langsung menjadi terpengaruh.

Seiring berjalannya waktu, Babel United mampu bangkit melewati terpaan badai. CEO Babel United, Ichsan Sofyan dengan pemilik klub, Rafil Perdana dan Armand Adhikusuma beserta Plt Bupati Musi Banyuasin, Benny Hernedi mampu memotivasi internal tim.

“Mengawali langkah dengan jatuh dan terpuruk. Saya menyatakan bahwa menyerah bukan pilihan karena kebangkitan yang kami buktikan. Bukan bagaimana Anda jatuh, tapi bagaimana Anda bangun dan terus mencoba,” kata Ichsan.

Awal putaran kedua masih dilalui dengan hasil buruk oleh Babel United meski sudah dibesut oleh Ibnu Grahan yang dibantu Agus Indra Kurniawan selaku pemain dan asisten pelatih. Mereka kalah 0-2 dari Sriwijaya FC kemudian imbang 1-1 melawan PSMS.

“Setelah game kedua, saya mengajak tim untuk menjalani sebuah misi yang kami namakan misi untuk bangkit. Alhamdulillah hasil ini secara perlahan membuahkan hasil positif dengan percaya akan proses yang kami jalani bersama,” ungkapnya.

Babel United merasakan kemenangan pertamanya dengan mengalahkan Tiga Naga 2-1 di putaran kedua dan kemudian mengalahkan Semen Padang 1-0. Tujuh poin didapat setelah melewati empat laga di putaran kedua dan Babel United meroket ke posisi keempat dengan sembilan poin, unggul satu angka dari Tiga Naga dan dua angka dari Semen Padang selaku penghuni dasar klasemen.

Kini, Babel United yang dimanajeri Rudy Murod membidik finis di posisi ketiga saat bertemu PSPS di pekan terakhir fase grup Liga 2. Babel United tertinggal tiga angka dari PSPS selaku penghuni posisi ketiga dan bisa naik peringkat andai menang selisih tiga gol.