Pemain Timnas Indonesia Masih Lakukan Kesalahan Mendasar

Kendati memetik kemenangan telak 4-1 atas Myanmar dalam pertandingan uji coba di Emirhan Sports Complex, Antalya, Turki, Kamis (25/11) malam WIB, pelatih Shin Tae-yong masih belum puas.

Di pertandingan ini, timnas senior unggul tiga gol lebih dulu di babak pertama melalui , , dan Witan Sulaeman. Sedangkan di paruh kedua, skuad Garuda memperbesar keunggulan menjadi 4-0 lewat eksekusi penalti Ezra Walian.

Selepas itu, Tae-yong mulai melakukan pergantian pemain. Perubahan komposisi pemain membuat permainan lebih lambat. Akhirnya Myanmar mampu memperkecil kedudukan pada menit ke-72 melalui Hlaing Bo Bo.

Tae-yong menyoroti performa anak asuhnya di babak kedua yang mengalami penurunan. Juru taktik asal Korea Selatan ini melihat pemain kelelahan menjelang laga berakhir, sehingga sering melakukan kesalahan mendasar.

“Terima kasih kepada pemain atas kemenangan ini. Kemenangan telak atas Myanmar jelas membuat kepercayaan diri pemain semakin oke jelang mengikuti nanti,” ujar Tae-yong dilansir laman resmi PSSI.

“Namun tetap ada evaluasi. Pemain akan terus saya ingatkan untuk tidak boleh membuat kesalahan-kesalahan elementer. Hari ini (tadi malam) kami juga memasukkan Cahya (penjaga gawang ) sebagai kiper cadangan, karena Syahrul Fadil dalam kondisi tidak oke.”

Timnas senior masih mengagendakan satu laga uji coba lagi sebelum bertolak ke Singapura untuk menjalani rangkaian pertandingan Piala AFF 2020. Tetapi lawan yang dihadapi kemungkinan tim dengan kekuatan berada di bawah dan kawan-kawan.

Laman PSSI menyebutkan lawan yang dihadapi adalah Antalyaspor pada 28 November. Namun klub tersebut dijadwalkan menjalani pertandingan Superlig Turki melawan Alanyaspor sehari sebelumnya.

Kemungkinan skuad Garuda bakal menghadapi Antalyaspor U-18 yang sedang tidak menjalani pertandingan liga. Antalyaspor U-18 pada uji coba sebelumnya dikalahkan timnas U-18 dengan skor 3-1.

Tidak menutup kemungkinan klub amatir Antalya Hal Spor menjadi lawan timnas senior. Klub itu sebelumnya dibantai Myanmar delapan gol tanpa balas.

Berita Terkait