Digelar Tahun Depan, Kamboja Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-23

Federasi sepakbola Asia Tenggara, AFF, akan kembali menggelar Piala AFF U-23. Kejuaraan tersebut dilaksanakan pada tahun depan, dan tuan rumah untuk event juga sudah ditetapkan, bersamaan dengan pengumuman mitra baru AFF untuk Piala AFF U-23 2022.

Timnas Indonesia merupakan juara bertahan dari kejuaraan Piala AFF U-23 ini. Terakhir diselenggarakan pada Februari 2019, kala itu event ini menggunakan usia U-22. Sama seperti dua tahun lalu, Piala AFF U-23 tahun ini akan dihelar di Kamboja, berpusat di Phnom Penh, dengan Stadion Nasional sebagai venue.

Tentunya ini akan jadi ajang pelampiasan yang bagus untuk timnas Indonesia U-23 yang sebelumnya gagal lolos ke Piala Asia U-23, lantaran kalah dari Australia. Shin Tae-yong tidak perlu repot membuat tim baru, karena kerangka Garuda Muda sudah disusun untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 lalu.

Kamboja dengan bangga kembali mendapat kepercayaan untuk menghelat event ini. Jenderal Sao Sokha, presiden dari federasi sepakbola Kamboja, memastikan negaranya siap menjadi tuan rumah yang baik dan membuat event Piala AFF U-23 ini enak untuk dinikmati.

“Kami senang menjadi tuan rumah Piala AFF U-23 mendatang di Kamboja pada tahun 2022, dan berterima kasih kepada AFF atas kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk menyelenggarakan acara tersebut dengan sukses,” ucapnya dalam rilis.

“Kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa Piala AFF ini berlangsung dengan aman untuk semua orang yang terlibat, dan berharap untuk menjadi tuan rumah turnamen usia muda terbaik di ASEAN tahun depan!” tandasnya.

AFF turut memastikan kemitraan dengan SPORTFIVE, sebuah agency marketing di bidang olahraga. Kolaborasi ini sudah terjalin baik sebelumnya, dan kedua pihak sama-sama antusias menyambut Piala AFF U-23 2022, di Kamboja, Februari mendatang.

Malcolm Thorpe, Managing Director SPORTFIVE untuk kawasan Asia Tenggara, mengatakan “Kami telah bekerja sama selama lebih dari 25 tahun dengan Federasi Sepakbola ASEAN dalam mengembangkan Piala AFF menjadi turnamen sepakbola internasional paling bergengsi dan paling banyak ditonton di Asia Tenggara. Kami merasa terhormat memiliki kesempatan untuk mengembangkan hubungan ini dengan salah satu organisasi olahraga paling maju di dunia. Kami berkomitmen untuk bekerja sama dan mendukung AFF mencapai aspirasi mereka untuk sepakbola di kawasan ini.”