Persebaya 1-0 Madura United, Debut Pelatih Baru Tercoreng

Pelatih anyar debut tidak menyenangkan setelah tim besutannya menelan kekalahan tipis 1-0 dari Surabaya di , Sleman, Sabtu (20/11) malam WIB, pada matchday ke-12 2021/22.

Hasil itu membuat Madura United menelan tiga kekalahan secara beruntun, sehingga tidak beranjak dari peringkat 15 klasemen sementara dengan nilai 11. Sedangkan kemenangan mengangkat Persebaya ke peringkat enam setelah mengoleksi 20 poin.
Pilihan Editor

Persebaya dan Madura United memperlihatkan permaian terbuka dengan tempo sedang. Perlahan-lahan Madura United menaikkan tempo permainan, serta memberikan tekanan ke pertahanan Persebaya.

Ancaman diberikan Madura United terlebih dulu melalui Haris Tuharea ketika laga berjalan tujuh menit. Namun tendangan Haris dari luar kotak penalti, tapi masih bisa digagalkan kiper Ernando Ari.

Madura United terus memberikan tekanan ke pertahanan Persebaya. Peluang kembali diperoleh Laskar Sape Kerrab di menit ke-18. Hanya saja, tendangan Hugo ‘Jaja’ Gomes mengarah ke pelukan Ernando.

Selepas laga berjalan 35 menit, Persebaya mulai memberikan ancaman serius di pertahanan Madura United. Peluang diperoleh Bajul Ijo di menit ke-44 ketika Taisei Marukawa melepaskan umpan silang menyusur di depan gawang. Sayangnya, Jose Wilkson terlambat menyambut bola, sehingga peluang emas itu terbuang.

Menjelang babak pertama berakhir, Madura United menebar ancaman di pertahanan Persebaya. Tetapi tendangan Rafael Silva masih melenceng tipis di sisi kanan gawang, sehingga babak pertama ditutup dengan skor imbang tanpa gol.

Persebaya bermain lebih baik di awal babak kedua dengan memberikan tekanan ke tembok belakang Madura United. Sementara tim besutan Fabio Lefundes sedikit menurunkan tempo permainan.

Akibatnya Persebaya berhasil membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-51 lewat eksekusi penalti Wilkson. Hadiah penalti diberikan wasit menyusul pelanggaran terhadap pemain pengganti Marselino Ferdinan di kotak terlarang.

Kebobolan satu gol membuat Madura United tersengat, dan mulai keluar menyerang. Kendati demikian, penyelesaian akhir yang tidak sempurna, dan solidnya barisan belakang membuat Madura United menemui kesulitan.

Upaya Madura United untuk menyamakan kedudukan makin berat setelah mereka harus bermain dengan sepuluh orang sejak menit ke-66. Itu tak lepas dari kartu merah langsung yang didapat Silva, karena terlihat tanganya sedikit menampar wajah Ady Setiawan.

Walau begitu, Madura United sempat mendapatkan peluang yang bisa mengubah keadaan di menit ke-88. Sayangnya, sundulan Silvio Escobar menyambut umpan Bayu Gatra masih bisa diamankan Ernando. Skor 1-0 ini bertahan hingga laga berakhir untuk kemenangan Persebaya.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Persebaya: Ernando Ari; Ady Setiawan, Arif Satria, Alie Sesay, Reva Adi Utama, , Muhammad Hidayat, M Alwi Slamat, Bruno Moreira, Taisei Marukawa, Jose Wilkson.

Madura United: ; Rendika Rama, Asep Berlian, Dodi Alekvan Djin, , , Haris Tuharea, Slamet Nurcahyono, Bayu Gatra, Hugo ‘Jaja’ Gomes, Rafael Silva.

Berita Terkait