Menanti Kiprah Pelatih Baru Madura United Fabio Lefundes, Langsung Bersua Persebaya

Pelatih baru Fabio Lefundes langsung menghadapi tantangan yang tak mudah di laga debutnya menemani Madura . Dia mengawali kiprah dengan berjumpa dengan Surabaya.

Duel bertajuk Derbi Suramadu ini bakal tersaji dalam laga awal seri ketiga alias pekan ke-12 BRI Liga 1 2021/2022 di , Sleman, Sabtu (20/11/2021) malam. Tantangan tak mudah bakal dihadapi oleh Fabio Lefundes.

Dia harus bisa membawa Madura United bangkit setelah hasil negatif selama sebelas laga dengan hanya mengemas sebelas poin. Alasan itulah yang membuat manajemen klub berpisah dengan pelatih dan memilih Fabio sebagai pengganti.

Kemudian, Laskar Sape Kerap juga tercatat menjadi tim yang inferior saat berjumpa Persebaya. Sebanyak 12 kali bertemu sejak 2018, Madura United hanya pernah menang sekali melawan klub tetangga itu.

Fabio mengaku tidak mudah mengangkat tim dalam kondisi terpuruk dan mencuri momentum bangkit di Derbi Suramadu. Juru taktik berusia 49 tahun itu meminta anak asuhnya menyatukan konsentrasi untuk merebut tiga poin di laga yang berat itu.

“Kami punya tanggung jawab di laga pertama ini. Kami coba tingkatkan latihan, supaya bermain bagus dan berjalan sesuai rencana. Di momen ini, kami harus fokus menang, main enak, percaya diri, agar dapat tiga poin,” ungkapnya.

Pelatih berpaspor Brasil itu sendiri merupakan nama baru di sepak bola Tanah Air. Selama ini, dia dikenal berkarier di Korea Selatan bersama Jeonbuk Hyundai Motor. Terakhir, dia menjadi bagian Botafogo, klub asal negaranya.

Tapi, semua itu dijalaninya dengan status sebagai asisten pelatih. Madura United jadi klub pertama yang ditanganinya dengan jabatan pelatih kepala. Tentu, unsur serba pertama ini merupakan tantangan yang tak mudah.

Fabio Lefundes mengaku masih buta kekuatan dengan persaingan kontestan BRI Liga 1. Makanya, dia mengajak serta yang didapuk sebagai asisten pelatih.

Sosok pelatih yang juga berasal dari Brasil ini lebih berpengalaman karena pernah menangani Persipura Jayapura. Osvaldo Lessa bahkan pernah juga menjadi asisten pelatih Madura United di bawah komando Gomes de Oliveira pada 2016.

“Saya bawa pelatih (Osvaldo Lessa) yang sudah mengerti tentang sepak bola untuk jadi asisten pelatih saya, supaya bisa memberikan saya informasi dan bisa perbaiki semua di tim ini,” ucap Fabio Lefundes.

Meski berstatus debutan, Fabio Lefundes termasuk pelatih sarat pengalaman dan bergelimang prestasi di klub sebelumnya. Misalnya di musim 2011, Jeonbuk menjuarai K-League dan menjadi runner-up Liga Champions Asia.

Berita Terkait