Postur Tubuh Jadi Landasan Shin Tae-Yong Incar Pemain Keturunan

Postur tubuh menjadi alasan utama Shin Tae-yong, mau mendatangkan pemain keturunan untuk membela Indonesia. Hal tersebut diucapkan ketua umum , Mochamad Iriawan.

PSSI sudah mendapat empat nama pemain keturunan yang direkomendasikan Tae-yong. Federasi sepakbola Tanah Air tersebut, sedang melakukan pendalaman terkait pemain yang diminta pelatih itu.

Dua di antara pemain yang dibidik Tae-yong adalah dan . Terungkapnya, kedua nama tersebut saat PSSI melepas timnas Indonesia ke Turki, Kamis (11/11).

Ketika itu, dua pemain lainnya yang diincar Tae-yong masih dirahasiakan. Hanya saja, beberapa hari kemudian muncul nama dan .

“Yang beredar itu benar. Saya sudah meminta untuk menghubungi agennya agar dicek, benar enggak neneknya orang Indonesia. Yang jelas itu permintaan Shin Tae-yong,” kata Iriawan.

“Biar klir, ini ada empat nama yang diajukan oleh Tae-yong. Empat pemain ini masih didalami oleh PSSI. Yang jelas ada empat nama yang diajukan. Saya belum bisa jawab apakah mereka bisa memperkuat timnas Indonesia atau tidak karena harus ada pengkajian,” Iriawan menambahkan.

Ada tahapan yang mesti dilalui keempat pemain tersebut untuk membela skuad Merah Putih. Selain menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), mereka juga harus bisa menunjukkan bukti mempunyai garis keturunan dari Indonesia.

Merujuk statuta FIFA 2020 pasal ketujuh tentang kelayakan bermain untuk tim perwakilan disebutkan siapa pun pemain yang ingin bermain di negara barunya, harus lahir di wilayah asosiasi itu, ibu kandung atau ayahnya lahir di wilayah asosiasi itu, nenek atau kakeknya lahir di wilayah asosiasi itu, atau telah tinggal di wilayah asosiasi itu.

“Kami akan cek dulu, apa benar neneknya dari Indonesia. Setelah itu kami harus bertanya mereka mau enggak orang itu dinaturalisasi. Belum ada pernyataan dari mereka, baru usulan dari Tae-yong,” ucapnya.

“Saya sudah minta wakil ketua umum PSSI [] untuk menghubungi agen pemain-pemain itu. Kalau sesuai, akan kita ajukan ke pemerintah supaya prosesnya cepat. Yang jelas empat itu usulan Tae-yong,” ia menambahkan.

Berita Terkait