Shin Tae-Yong: Seharusnya Timnas Indonesia Bisa Menang

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menyesali kekalahan 1-0 yang didapat anak asuhnya dalam pertandingan uji coba melawan Afghanistan di Stadion Gloria Sports Arena, Antalaya, Turki, Selasa (16/11) malam WIB.

Timnas senior mampu memberikan perlawanan terhadap Afghanistan yang diperkuat sejumlah pemain berkompetisi di Eropa. Sejumlah peluang berhasil didapatkan, tapi penyelesaian akhir tidak sempurna.

Gawang Muhammad Riyandi pun akhirnya kebobolan lima menit menjelang pertandingan usai. Kesalahan barisan belakang dalam mengantisipasi umpan Mustafa Hadid dapat dimanfaatkan Omid Popalzay lewat sontekan lemah.

Tae-yong mengakui taktik yang diinginannya tidak berjalan dengan baik di laga tersebut. Ia memperkirakan faktor jetleg setelah melakukan perjalanan dari Jakarta masih menghinggapi sejumlah pemain.

“Kami mendapatkan hasil yang patut disayangkan, karena sebetulnya kami bisa memenangi pertandingan,” ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

“Taktik tidak sesuai dengan yang saya inginkan, dan ada jetleg juga. Kondisi pemain juga tidak terlalu baik. Untuk pertandingan berikutnya melawan Myanmar harus mendapatkan kemenangan.”

Tae-yong sudah mendapatkan gambaran mengenai kekurangan tim besutannya dari laga uji coba melawan Afghanistan. Kesalahan mendasar salah umpan masih terlihat di pertandingan itu. Pelatih berusia 51 tahun ini berharap performa tim lebih baik ketika menghadapi Myanmar, pekan depan.

“Kami harus memperbaiki [performa], terutama salah umpan. Gol tadi sebenarnya [diawali] salah umpan dari kami. Jadi ini benar-benar harus dikurangi,” tegas Tae-yong.

Kendati demikian, Tae-yong cukup puas dengan semangat yang diperlihatkan pemain. Mereka tetap bermain ngotot untuk mengejar ketertinggalan, walau waktu tersisa tidak banyak. Hanya saja, peluang yang diperoleh masih belum bisa menghasilkan gol.

“[Secara mental] Tim ini semakin membaik, karena sampai [menit] akhir pun masih berusaha mengejar. Sekarang kami menantikan pertandingan berikutnya,” imbuh Tae-yong.

Timnas senior menjalani pemusatan latihan (TC) di Turki sebagai persiapan menghadapi Piala AFF 2020 yang dimulai pada awal bulan depan. Selepas menjalani TC di Turki, skuad Garuda selanjutnya bertolak ke Singapura.

Sedangkan Afghanistan menjadikan TC dan uji coba itu sebagai persiapan mereka menghadapi babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 pada tahun depan.