Ryuji Utomo Sampaikan Salam Perpisahan Ke Klub Malaysia

Perjalanan palang pintu asal Indonesia Ryuji Utomo dengan Penang FC berakhir setelah ia menyampaikan salam perpisahan kepada klub Malaysia Super League (MSL) tersebut hari ini.

Ryuji terakhir kali memperkuat Penang pada pertandingan Piala Malaysia melawan Sri Pahang pada 3 November lalu. Namun di laga terakhirnya ini, Ryuji gagal membantu Penang bersinar, karena digasak lima gol tanpa balas.

Ryuji pun absen di dua pertandingan terakhir Penang ketika melawan Kuala Lumpur City FC dan Serawak FC. Secara keseluruhan, Penang babak belur di Piala Malaysia, dan menjadi juru kunci Grup A, karena hanya mendapatkan masing-masing satu kemenangan dan imbang, serta empat kekalahan.

Kendati babak belur di ajang piala, Penang meraih sukses di MSL. Berstatus sebagai tim promosi, Penang berhasil menduduki peringkat tiga dengan nilai 41. Ryuji tampil di 15 pertandingan, dua di antaranya dari bangku cadangan.

Mengingat Penang sudah tidak melakoni pertandingan lagi, Ryuji pun menyampaikan salam perpisahan kepada Harimau Kumbang. Ryuji kembali ke Persija Jakarta, karena masa peminjamannya berakhir awal Desember 2021.

“Masyarakat Penang, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan kalian sepanjang musim ini,” tulis Ryuji melalui akun Instagram pribadinya.

“Ini menjadi pengalaman yang luar biasa bersama Penang FC, dan saya bangga menjadi bagian keluarga ini. Kami memulainya dengan status tim promosi, dan mengakhiri musim di tiga besar Malaysia Super League.”

“Penang akan selalu mendapat tempat spesial di hati kami. Sampai jumpa!”

Meski disebut akan kembali ke Persija, masa depan Ryuji masih menjadi tanda tanya. Belakangan beredar kabar pemain berusia 26 tahun itu mendapat perhatian dari klub J2 League Jepang, Jubilo Iwata. Bukan itu saja. Mantan penggawa Arema ini juga diminati klub K2 League Korea Selatan, Jeonnam Dragon.

Namun peluang untuk mendapatkan Ryuji cukup berat, karena manajemen Persija ingin mempertahankan sang pemain guna menambal kelemahan di sektor belakang. Dari 11 pertandingan Liga 1 2021/22, Persija sudah kebobolan 12 kali.