Asnawi Mangkualam Bahar Berharap Tetap Berkarir Di Luar Indonesia

Kapten U-23 Bahar berharap bisa melanjutkan karirnya di luar negeri pada tahun depan menjelang kontraknya bersama klub 2 Korea Selatan, , berakhir.

Asnawi direkrut Ansan pada Januari 2021 setelah diganjar kontrak selama satu tahun dengan opsi perpanjangan berdurasi sama. Asnawi pun telah memperlihatkan performa mengesankan di kompetisi sepakbola kasta kedua Korsel ini.

Hanya saja, kegiatannya memperkuat , baik senior maupun U-23, termasuk karantina, membuat Asnawi tidak banyak tampil bersama Ansan pada musim ini. Asnawi tampil di 14 pertandingan, dua di antaranya dari bangku cadangan. Asnawi berharap dirinya tetap bermain di luar Indonesia.

“Saya harus tetap bermain di luar Indonesia, sehingga nantinya bisa memberikan kontribusi buat Indonesia. Bukan hanya sekarang, tapi di tim senior supaya mendapatkan prestasi bagus di timnas senior,” ujar Asnawi melalui kanal YouTube resmi .

Walau begitu, Asnawi masih menyimpan keyakinan mendapat perpanjangan kontrak dari Ansan. Asnawi ingin mewujudkan ambisinya membantu Ansan promosi ke K-League 1, sesuatu yang gagal direalisasikan pada tahun ini. Ansan mengakhiri musim 2021 dengan menduduki peringkat ketujuh dengan 11 kemenangan, sepuluh imbang, dan 15 kekalahan.

“Target saya sebagai pemain tentunya ingin membantu tim ke peringkat lebih bagus, seperti Ansan yang sekarang berada di K-League 2. Saya ingin membantu Ansan ke K-League 1,” ucap Asnawi.

“Tetapi memang butuh kerja keras. Apalagi saya sebagai pemain asing di sana harus memberikan dampak yang baik, memberikan kontribusi yang baik, sehingga bisa membantu tim ke tingkat lebih bagus. Itu impian saya, dan itu yang meyakinkan saya.”

Asnawi kembali menyampaikan harapannya agar lebih banyak pemain Indonesia yang memilih berkarir di luar negeri. Asnawi menyatakan, bermain di luar negeri bisa memberikan nilai tambah bagi sang pemain. Mengenai pemain Indonesia yang layak merumput di Korsel, Asnawi menyebut empat nama rekannya di .

“Sebenarnya sangat banyak. Contohnya [Syahrian] Abimanyu, Egy [Maulana Vikri], Witan [Sulaeman], [Pratama] Arhan, dan lainnya. Tapi yang empat orang itu sangat layak bermain di sana,” kata Asnawi.

Berita Terkait