Arema FC Vs Persebaya, Adu Tajam Samurai Jepang Antara Renshi Yamaguchi dan Taisei Marukawa

Derby Jatim antara dipastikan panas dan seru, mengingat keduanya memiliki rivalitas tinggi.

Pertemuan vs Persebaya Surabaya terjadi di pekan ke-11 BRI 2021 di , Sabtu (6/11/2021).

FC dan Persebaya Surabaya sama-sama diperkuat gelandang asal Jepang di kancah BRI Liga 1 2021.

Arema FC memiliki Renshi Yamaguchi dan Persebaya Surabaya memiliki Taisei Marukawa.

Renshi Yamaguchi dan Taisei Marukawa bahkan menjadi pemain kunci di klubnya masing-masing.

pun dibikin klepek-klepek oleh aksi Renshi Yamaguchi dan Taisei Marukawa.

Renshi Yamaguchi dan Taisei Marukawa menjadi mimpi buruk bagi Jakarta di pekan ketujuh dan kesembilan BRI Liga 1 2021.

Seperti diketahui, kedua gelandang milik Arema FC dan Persebaya Surabaya tersebut merupakan aktor di balik dua kekalahan Persija Jakarta di Liga 1 2021.

Gelandang asal Jepang milik Arema FC, Renshi Yamaguchi, sukses menyumbangkan satu assist untuk gol tunggal yang dilesatkan oleh Carlos Fortes ke gawang Persija Jakarta.

Berkat satu assist Renshi Yamaguchi, Singo Edan berhasil menundukkan Persija Jakarta dengan skor tipis 1-0.

Sementara di klub rival Arema FC, Persebaya Surabaya, juga memiliki gelandang tengah bernama Taisei Marukawa.

Peran Taisei Marukawa saat Persebaya Surabaya menang 1-0 atas Persija Jakarta sangat terasa.

Bahkan dapat dikatakan, Taisei Marukawa merupakan aktor utama di balik kemenangan Persebaya Surabaya atas Persija Jakarta pada saat itu.

Mengingat, sumbangsih satu golnya berhasil membawa Bajul Ijo menang atas Persija Jakarta serta sukses memberikan kekalahan kedua Macan Kemayoran di Liga 1 2021.

Gol Taisei Marukawa ke gawang Persija Jakarta terjadi di menit ke-25 setelah memanfaatkan miss komunikasi yang dilakukan oleh Otavio Dutra dan Rezaldi Hehanusa.

Taisei yang berhasil merebut bola tersebut berhasil melakukan gerak tipu untuk mengelabuhi kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhyasa.

Seusai sukses kecoh Andritany, gawang Persija Jakarta yang terbuka sangat lebar akhirnya mudah untuk dijebol oleh gelandang kelahiran Hiroshima tersebut.

Berkat satu golnya ke gawang Persija Jakarta, Taisei Marukawa berhasil menambah perbendaharaan golnya menjadi 4 gol.

Jadi, dapat dikatakan, dua gelandang asal Jepang milik Arema FC dan Persebaya Surabaya merupakan dua aktor pemberi mimpi buruk bagi Persija Jakarta di Liga 1 2021.

Beda statistik dua pemain asal Jepang milik Arema FC dan Persebaya Surabaya di Liga 1 2021 hingga pekan kesembilan.

Seperti diketahui, baik Arema FC maupun Persebaya Surabaya kini tengah diperkuat oleh dua gelandang asal Jepang, Renshi Yamaguchi dan Taisei Marukawa.

Dikutip SURYAMALANG.COM dari Transfermarkt, gelandang Arema FC, Renshi Yamaguchi memiliki tipikal gelandang jangkar yang tentunya lebih banyak bermain di area tengah sebagai pemutus serangan lawan atau pengalir bola ke lini depan.

Peran Renshi Yamaguchi di lini tengah Arema FC tak pernah tergantikan.

Terbukti, pemain berusia 29 tahun itu selalu diturunkan menjadi starter dan selalu bermain penuh di setiap laga yang dilakoni Arema FC.

Tercatat, dari 9 laga yang telah dimainkan oleh Renshi Yamaguchi, ia berhasil mencatatkan total 810 menit bermain dan menciptakan 2 assist.

Kedua assist Renshi Yamaguchi tercipta saat Arema FC berlaga kontra Persija Jakarta dan Persiraja Banda Aceh di pekan ke-7 dan 8 Liga 1 2021.

Berkat 2 assist Renshi pada saat itu, Singo Edan mampu menundukkan Persija Jakarta dengan skor 1-0 dan Persiraja Banda Aceh dengan skor 2-0.

Bahkan ia juga berkontribusi dalam menghalau serangan Arema FC sehingga gawang Singo Edan pernah catatkan 5 laga berturut-turut cleansheet.

Jadi, dapat dikatakan bahwa peran sosok Renshi Yamaguchi di Arema FC tak terlihat namun sangat terasa pengaruhnya di atas lapangan.
Pemain Persebaya Surabaya asal Jepang, Taisei Marukawa.

Di sisi lain, rival abadi Arema FC, Persebaya Surabaya di Liga 1 2021 juga memiliki sosok gelandang muda asal Jepang bernama Taisei Marukawa.

Berbeda dengan Renshi, Taisei Marukawa merupakan tipikal gelandang bernomor 10 yang bertugas sebagai pengatur tempo serangan, ritme pertandingan sekaligus pemberi trupas-trupas ke lini depan BaJul Ijo.

Dikutip SURYAMALANG.COM dari Transfermarkt, peran Taisei Marukawa bersama Persebaya Surabaya sangat terlihat baik dalam permainan maupun torehan yang telah dicatatkan.

Tercatat, pemain asal Jepang berusia 24 tahun itu telah memainkan 8 laga bersama Persebaya Surabaya dengan torehan mencapai 706 menit bermain.

Dari 8 laga yang telah dimainkan, Taisei Marukawa atau yang kini dijuluki Tsubasa Ozora tersebut telah menciptakan 4 gol dan 3 assist bagi Bajul Ijo.

Keempat gol Taisei Marukawa berhasil diciptakan saat laga kontra PSS Sleman, Persipura Jayapura dan Persija Jakarta.

Pada laga kontra PSS Sleman di pekan ke-5 Liga 1 2021, Taisei Marukawa sukses jebol gawang Laskar Super Elja sebanyak dua kali atau berhasil catatkan brace.

Dengan 2 gol pemain kelahiran Hiroshima tersebut, Persebaya Surabaya berhasil mengatasi perlawanan PSS Sleman dengan skor 3-1.

Sementara gol ketiga Taisei Marukawa tercipta kala Bajul Ijo sukses menundukkan Persipura Jayapura dengan skor 3-1.

Dan gol yang keempat pemain berpostur 1,69 m berhasil dicatatkan kala Persebaya Surabaya menuntaskan perlawanan sengit dari Persija Jakarta di pekan ke-9 Liga 1 2021.

Bahkan, gol Taisei Marukawa ke gawang Andritany memaksa Persija Jakarta harus menelan kekalahan kedua dengan skor tipis 0-1.

Meski keduanya sama-sama bermain di lini tengah, namun peran yang dimainkan oleh Renshi Yamaguchi di Arema FC dan Taisei Marukawa di Persebaya Surabaya berbeda.

Namun, sejauh ini, dilihat dari statistik yang telah keduanya ciptakan, dapat dikatakan bahwa baik Renshi dan Taisei sukses berkontribusi banyak terhadap performa Arema FC maupun Persebaya Surabaya di Liga 1 2021 hingga pekan ke-9.

Berita Terkait