PSBS Biak 2-1 Mitra Kukar: Cendrawasih Kuning Rebut Posisi Naga Mekes di Klasemen

Laga lanjutan Grup D Liga 2 2021 antara PSBS Biak versus Mitra Kukar di Stadion Batakan, Balikpapan pada Rabu (3/11/2021) berlangsung cukup menarik.

Tiga gol tercipta dalam pertandingan ini dan PSBS Biak keluar sebagai pemenang. Tim berjulukan Cendrawasih Kuning menang dengan skor 2-1.

Gol PSBS Biak diciptakan oleh Jeam Kelly Sroyer (13′) dan Gustavo Suebu (39′). Sementara gol balasan Mitra Kukar dicetak oleh Sugiyanto Baitul Rohman (48′).

Tambahan tiga poin membuat PSBS Biak merebut peringkat ketiga klasemen sementara Grup D yang sebelumnya ditempati Mitra Kukar.

Hasil ini juga membuat persaingan tim-tim Grup D meraih tiket ke babak delapan besar semakin ketat.

Pertandingan berlangsung cukup menarik, kedua tim melakukan jual beli serangan sejak menit-menit awal.

Pemain anyar Mitra Kukar, Agus Santoso, setidaknya sempat melepaskan dua tembakan yang masih melenceng dari sasaran.

Pada menit ke-13, justru PSBS Biak yang sukses menggetarkan gawang Mitra Kukar. Aksi individual Jeam Kelly Sroyer yang melewati tiga pemain belakang Mitra Kukar diakhiri tembakan keras.

Meski dieksekusi melalui sudut sempit, tendangan pemain bernomor punggung 9 itu menembus gawang Mitra Kukar yang dikawal Alex Sandar. PSBS Biak unggul 1-0.

Setelah gol tersebut tim berjulukan Naga Mekes berusaha menyamakan kedudukan. Sebuah serangan dari sisi kiri sempat menciptakan peluang untuk Muhammad Rifqi yang berdiri bebas di dalam kotak penalti.
Namun sundulan Rifqi masih mengarah ke penjaga gawang. Pada menit ke-27, Mitra Kukar mendapat peluang emas untuk menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti.

Agus Santoso berupaya mencetak gol di laga debut bersama Mitra Kukar dengan mengambil tugas untuk menjadi algojo.

Namun bola sepakan Agus Santoso yang diarahkan ke sisi kanan gawang dapat ditangkap kiper PSBS Biak. Skuad asuhan Ega Raka Galih masih unggul 1-0.

Ketika Mitra Kukar terus berupaya menyerang, justru PSBS Biak yang berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-39.

Pemain bernomor punggung 10, Gustavo Suebu mencetak gol setelah memanfaatkan kesalahan pemain Mitra Kukar.

Gustavo Suebu langsung berhadapan dengan kiper Alex Sander. Tendangannya sempat membentur kaki Alex Sander. Namun bola tetap meluncur masuk ke gawang.

Pada menit-menit akhir babak pertama, kedua tim sama-sama menciptakan ancaman ke gawang tim lawan. Namun tidak ada gol tambahan. Skor 2-0 untuk keunggulan PSBS Biak tidak berubah.

Mitra Kukar semakin agresif di babak kedua. Peluang yang tercipta di awal babak kedua berhasil dikonversikan menjadi gol untuk memperkecil ketertinggalan.

Sugiyanto Baitul Rohman mendapat umpan manis dari Reza Kusuma. Tanpa kontrol, Sugiyanto melepaskan tendangan voli.

Sebenarnya laju bola tidak keras. Namun itu sudah cukup untuk menggetarkan jala gawang PSBS Biak. Skor berubah menjadi 2-1 pada menit ke-48, masih untuk keunggulan PSBS.

Untuk menambah daya gedor Mitra Kukar, pelatih Asep Suryadi memasukkan Airlangga Sucipto pada awal babak kedua.

Eks striker Persib Bandung itu pun langsung mendapatkan dua peluang. Peluang pertama melalui tendangan bebas yang masih mampu diamankan kiper PSBS, sedangkan peluang kedua masih melebar.

Tak mau terus-terusan diserang, tim berjulukan Cendrawasih Kuning mencoba untuk keluar dari tekanan. PSBS Biak sesekali melancarkan serangan balik.

Hal itu rupanya cukup mengganggu Mitra Kukar. Anindito Wahyu dan kolega jadi membagi fokus menyerang dan bertahan.

Pada menit ke-75, PSBS Biak memperoleh kesempatan dari situasi set piece. Tendangan bebas yang dieksekusi Adrian Msen hanya menghasilkan sepak pojok setelah ditepis kiper Mitra Kukar.

Pada menit ke-82, Mitra Kukar mendapat keuntungan setelah pemain PSBS Biak, Hengki Yulius diusir wasit karena mendapat kartu kuning kedua.

Meski kekurangan pemain, serangan PSBS tetap berbahaya. Lagi-lagi, aksi solo Jeam Kelly Sroyer membuat lini pertahanan Mitra Kukar porak poranda.

Sayang, umpan apik Jeam Kelly Sroyer kepada Patrison Rumere di dalam kotak penalti Mitra Kukar gagal dikonversikan menjadi gol. Bola melambung di atas mistar gawang.

Skor 2-1 tak berubah hingga laga usai. PSBS Biak sukses meraup tiga poin dari Mitra Kukar.

Susunan Pemain:

PSBS Biak: Dedi Haryanto; Patrias Rumere, Zan Herib Mayor, Jimmy Aronggear, Evander Philip Yarangga; Patrison Rumere, Charles Rumbino, Adrian Msen; Gustavo Ezernain Suebu, Yacob Ronald, Jeam Kelly Sroyer

Pelatih: Ega Raka Galih

Mitra Kukar: Alex Sander; Lucky Octavianto, Saepuloh Maulana, Muhammad Rifqi, Rendy Siregar; M Reza Kusuma, Anindito Wahyu, Kresna Bayu; Mohammad Ansori, Agus Santoso, Sugiyanto Baitul Rohman

Pelatih: Asep Suryadi