Apa Sih Fungsi Satgas Antimafia Bola di Pinggir Lapangan? Yuk Simak Penjelasan Operator Liga 1

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno mengungkapkan fungsi Satgas Antimafia Bola berdiri di pinggir lapangan dalam setiap pertandingan BRI Liga 1 2021/2022 dan Liga 2 2021.

Sudjarno menjelaskan bahwa keberadaan Satgas Antimafia Bola di pinggir lapangan adalah untuk mencegah terjadinya pengaturan skor di BRI Liga 1 dan Liga 2.

Kehadiran Satgas Antimafia Bola di pinggir lapangan BRI Liga 1 dan Liga 2 juga menjadi bentuk dari Memorandum Of Understanding (MoU) antara PSSI dan Mabes Polri.

“Ada sembilan bentuk MoU PSSI dengan Mabes Polri, satu di antaranya adalah Satgas Antimafia Bola,” kata Sudjarno di Kantor PT LIB, Menara Mandiri, Jakarta Selatan, Jumat (29/10/2021).

“Satgas Antimafia Bola bagan dari pencegahan. Keberadaannya setidaknya bisa membuat shock therapy. Sama halnya seperti polisi sedang patroli, untuk menghilangkan niat dan kesempatan pelaku kejatahan.”

“Misalnya, niatnya sudah ada, namun begitu polisi lewat, urung dilakukan. Kami menghadirkan Satgas Antimafia Bola secara fisik untuk menjadi bagian dari pencegahan,” imbuh purnawirawan perwira tinggi Polri yang pernah menjadi Kapolda Lampung tersebut.

Keberadaan Satgas Antimafia Bola di pinggir lapangan laga BRI Liga 1 dan Liga 2 mengundang pertanyaan netizen. Warganet banyak yang penasaran dengan tujuan dari penempatan satuan tugas itu di area pertandingan, bukan di tribune atau di bagian lain stadion.

Dalam penerapannya, dua anggota dari Satgas Antimafia Bola berdiri di lapangan sepanjang 90 menit untuk mengawasi jalannya pertandingan.

“Kenapa Satgas Antimafia Bola berdiri di situ? Ada dua hal, yaitu pencegahan dan penindakan. Ini kalau kami bilang sebagai preventif aktif,” terang Sudjarno.

“Harapan kami dengan adanya Satgas Antimafia Bola, mereka sebagai pelaku berpikir ulang untuk mengurungkan niatnya,” imbuh pensiunan polisi berpangkat terakhir Irjen itu.

Dalam prosedur operasi standar (SOP), Satgas Antimafia Bola juga wajib menemui wasit di lokasi penginapan dua hari sebelum memimpin partai BRI Liga 1 dan Liga 2.

“Bahkan kami juga sudah tetapkan, Satgas Antimafia Bola sudah menemui wasit H-2 sebelum memimpin pertandingan,” papar Sudjarno.

“Satgas Antimafia Bola akan memperkenalkan diri dengan membawa surat perintah yang ditugaskan untuk mengawasi laga dan mengamankan wasit,” ujarnya.