Otavio Dutra & Rezaldi Hehanusa Blunder, Persija Jakarta Ditekuk Persebaya Surabaya

Jakarta gagal melanjutkan torehan positif pekan lalu, dan kali ini dipaksa menelan kekalahan tipis 1-0 dari Persebaya Surabaya di Stadion Solo, Selasa (26/10) malam WIB, pada pekan kesembilan Liga 1 2021/22.

Bagi Persebaya, kemenangan atas Persija ini membuat mereka naik ke peringkat lima klasemen sementara dengan nilai 13. Meski mengoleksi poin dan selisih gol sama, Persebaya menyalip Persija berkat produktivitas gol, sehingga tim Macan Kemayoran turun ke posisi tujuh.

Persija dan Persebaya memeragakan permainan terbuka dengan tempo sedang sejak peluit kick-off ditiupkan wasit. Saling serang dilakukan kedua tim demi mencapai target mencetak gol cepat.

Persebaya terlebih dulu mendapatkan kesempatan melalui sepak pojok, tapi tidak membuahkan hasil. Selanjutnya Persija memperoleh peluang serupa, namun Marko Simic gagal menuntaskannya dengan baik.

Kubu Persebaya akhirnya berhasil membuka keunggulan pada menit ke-25. Miskomunikasi antara Otavio Dutra dan Rezaldi Hehanusa harus dibayar mahal, karena Taisei Marukawa yang hanya menunggu mampu mengambil bola, dan selanjutnya memperdayai Ardhiyasa untuk menjebol gawang Persija.

Persija berusaha bangkit untuk menyamakan kedudukan. Hanya saja, tim ibukota ini mengalami kesulitan menembus tembok kukuh Persebaya, sehingga tak banyak menciptakan peluang berbahaya.

Sebaliknya, Persebaya justru memperoleh peluang untuk menggandakan keunggulan di menit ke-34. Sayangnya, sundulan Akbar Firmanysah menerima umpan masih melayang di atas mistar. Skor 1-0 untuk keunggulan Persebaya bertahan hingga babak pertama usai.

Pertarungan antara Persija dan Persebaya tidak mengalami perubahan di babak kedua. Permainan terbuka tetap memperlihatkan permainan terbuka. Namun Persija yang mengalami defisit satu gol bermain lebih agresif.

Persija memberikan ancaman serius ketika laga memasuki menit ke-59. Kiper Andhika Ramadhani melakukan penyelamatan cemerlang setelah mementahkan sundulan Marko Simic dari jarak dekat.

Selepas laga berjalan 70 menit, Persija mulai mendominasi permainan, dan memberikan ancaman serius di pertahanan Persebaya. Simic kembali mendapatkan peluang, tapi Andhika menjadi bintang Persebaya di laga ini dengan menepis sepakan striker Persija tersebut.

Peluang emas diperoleh Persija pada menit ke-84. Marco Motta melepaskan umpan ke depan gawang Persebaya. Pemain pengganti Dony Tri Pamungkas yang berdiri bebas tanpa pengawalan langsung melepaskan tendangan, tapi sepakannya hanya menerpa angin. Skor 1-0 untuk Persebaya pun tidak mengalami perubahan hingga wasit meniupkan peluit panjang.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Persija: Andritany Ardhiyasa; Marco Motta, Otavio Dutra, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanusa, , Rohit Chand, Dwiki Arya, , Marko Simic, Alfriyanto Nico.

Persebaya: Andhika Ramadhani; Ady Setiawan, , , Reva Adi Utama, Alwi Slamat, Muhammad Hidayat, Rendi Irwan, Akbar Firmansyah, Taisei Marukawa, .

Berita Terkait