Fakta Unik Timnas U23 Indonesia Vs Australia, Kode Rachmat Irianto

takluk dari Australia dengan skor 2-3.

Duel timnas U23 Indonesia vs Australia merupakan laga pertama Grup G U23 2022 yang berlangsung pada Selasa (26/10/2021) malam WIB.

Dalam laga tersebut, skuad Garuda Muda dinilai telat panas karena harus kebobolan terlebih dulu.

Tiga gol kemenangan Australia dicetak oleh Marc Tokich (55′), Patrick Wood (60′), dan Jacob Italiano (79′).

Adapun dua gol timnas U23 Indonesia asuhan diciptakan oleh Witan Sulaeman (69′) dan (85′).

Pasukan Shin Tae-yong boleh jadi bisa kemasukan lebih dari 3 gol, jika kiper Sutaryadi tidak tampil gemilang di bawah mistar Indonesia.

Kiper tersebut beberapa kali tampak jatuh bangun untuk menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Salah satu penyelamatan terbaik Ernando Ari saat menepis tendangan penalti Patrick Wood pada menit ketiga.

Ernando Ari sukses membaca, menepis, dan kemudian menangkap bola dari tendangan penalti Patrick Wood.

Kesuksesan Ernando Ari tidak lepas dari peran rekannya di Persebaya Surabaya. .

Dari tayangan ulang, Irianto yang berdiri di depan kotak penalti tampil mengangkat tangan kirinya, sebelum Patrick Wood melepaskan tendangan.

Aksi Irianto tersebut sebagai kode untuk Ernando ke mana bola akan ditendang lawan.

Entah sadar atau tidak dari kode tangan Irianto, Ernando memang bergerak ke sisi kanan gawangnya untuk menepis bola.

Setelah Ernando sukses melakukan penyelamatan, Irianto tidak melakukan aksi berlebihan.

Tetap berdiri di depan kotak penalti. Irianto hanya bertepuk tangan mengapresiasi keberhasilan rekannya.

Dalam pertandingan tersebut, Irianto tidak bermain selama 90 menit. Putera dari Bejo ini diganti dengan Teguh pada menit ke-77.

Aksi penyerang timnas U23 Indonesia saat menghadapi Australia pada laga Kualifikasi Piala Asia U23 2022 di Tajikistan pada Selasa (26/10/2021).

Aksi penyerang timnas U23 Indonesia saat menghadapi Australia pada laga Kualifikasi Piala Asia U23 2022 di Tajikistan pada Selasa (26/10/2021).(Dok. )

Tenaga Irianto dan kawan-kawan memang masih diperkulan untuk pertandingan kedua pada Jumat (29/10/2021).

Meski kalah 2-3 pada laga pertama Grup G Kualifikasi, timnas U23 Indonesia masih berpeluang lolos ke putaran final Piala Asia U23 2022.

Syarat yang harus dipenuhi timnas U23 Indonesia untuk lolos ke putaran final Piala Asia U23 2022 adalah mengalahkan Australia dengan margin minimal dua gol pada pertemuan kedua.

Grup G Kualifikasi Piala Asia U23 2022 sejatinya diisi oleh empat negara, yakni Indonesia, Indonesia, Australia, China, dan Brunei Darussalam.

Namun, China dan Brunei Darussalam memutuskan mundur karena alasan yang berkaitan dengan pandemi virus corona.

Setelah China dan Brunei Darussalam mundur, memutuskan tidak mengundi ulang peserta babak kualifikasi Piala Asia U23 2022.

AFC memilih membiarkan Grup G hanya terisi Indonesia dan Australia.

Keputusan AFC itulah yang membuat Indonesia dan Australia harus berhadapan dua kali di Grup G Kualifikasi Piala Asia U23 2022.

Ketika Grup G masih diisi oleh empat tim, timnas U23 Indonesia sejatinya hanya harus berhadapan satu kali dengan Australia, Brunei, dan China.

Keputusan AFC yang tidak mengundi ulang peserta babak kualifikasi Piala Asia U23 2022 juga membuat jalur untuk lolos ke putaran final di Grup G berubah.

Grup G Kualifikasi Piala Asia U23 2022 kini hanya menyediakan satu tiket ke putaran final yang diperuntukkan untuk pemuncak klasemen.

Jalur runner up terbaik untuk lolos ke putaran final Piala Asia U23 2022 di Grup G tertutup karena hanya ada dua tim yang tersisa.

Pemuncak klasemen Grup G Piala Asia U23 2022 akan ditenutkan dari hasil dua pertandingan Timnas U23 Indonesia vs Australia.

Dengan demikian, timnas U23 Indonesia wajib mengalahkan Australia dengan margin minimal dua gol pada pertemuan kedua jika ingin lolos ke putaran final Piala Asia U23 2022.

Jika berhasil memenuhi syarat tersebut, timnas U23 Indonesia akan menjadi pemuncak klasemen Grup G dan berhak lolos ke putaran final Piala Asia U23 2022.

Namun, jika hanya menang dengan selisih satu gol, timnas U23 Indonesia harus melakoni adu penalti melawan Australia karena agregat setelah dua pertandingan imbang.

Berita Terkait