Gol Tunggal Malik Risaldi Bawa Persela Bekuk Persik di Derbi Jatim

Persela Lamongan sukses memetik tiga angka dalam duel sesama tim Jawa Timur melawan Persik Kediri. Laskar Joko Tingkir menang 1-0 dalam laga pekan kesembilan BRI itu di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Senin (25/10/2021) malam.

Kedua tim sama-sama berusaha menguasai permainan sejak wasit membunyikan peluit pertama laga dimulai. Persela Lamongan maupun Persik banyak memainkan bola di lapangan tengah karena upaya serangan masing-masing tim mudah dipatahkan.

Peluang pertama pertandingan dibukukan oleh Persik saat pertandingan memasuki menit ke-17. Gelandang mencoba melepas tembakan spekulasi, namun masih melambung di atas gawang.

Persela tidak tinggal diam dengan berkesempatan mencetak gol di menit ke-24 lewat tendangan bebas. Gelandang Ahmad Bustomi sebenarnya mengirim umpan matang, sayangnya Demerson Bruno yang dituju gagal meneruskannya meski tanpa kawalan sehingga bola keluar begitu saja.

Hanya dua menit berselang, Laskar Joko Tingkir mampu mencetak gol. Itu bermula dari umpan panjang dari lini belakang yang mampu diterima oleh yang berada di kotak penalti Persik.

Meski mampu menerima bola, Jabar Sharza kesulitan mengolahnya dengan mendapat gangguan pemain Persik. Malik Risaldi kemudian melepas tembakan meski kondisi bola masih dalam penguasaan Jabar Sharza dan secara mengejutkan berbuah gol.

Persik merespons gol itu dengan tampil kian agresif dan berusaha membongkar pertahanan Persela. Striker hampir mencetak gol balasan lewat sepakan keras dari luar kotak penalti di menit ke-38, namun masih mampu ditangkap kiper Dwi Kuswanto.

Semenit kemudian, giliran winger muda Persela Riyatno Abiyoso yang menebar ancaman. Dia melakukan penetrasi masuk ke kotak penalti Persik dengan melewati Agil Munawar. Namun, tembakannya masih menyamping dari gawang Persik yang dikawal Fajar Setya.

Machado menutup babak pertama dengan tendangan bebas yang tidak disambut dengan baik oleh rekan-rekannya yang mampu diamankan Dwi Kuswanto. Babak pertama berakhir dengan keunggulan 1-0 Persela Lamongan hingga turun minum.

Babak Kedua

Persik Kediri langsung tancap gas demi bisa mencetak gol balasan penyama kedudukan. Beberapa kali, peluang emas yang tercipta lahir dari gelandang Dionatan Machado dengan pergerakan yang kian membahayakan.

Di menit ke-47, Machado melepas tendangan bebas yang mengancam gawang Persela. Namun, tembakan belum bisa menghasilkan gol yang diharapkan karena masih melenceng dari gawang Dwi Kuswanto.

Machado lagi-lagi menjadi eksekutor tendangan bebas saat laga memasuki menit ke-55. Kali ini tembakannya mengarah ke gawang, sayangnya kesigapan Dwi Kuswanto dalam mengamankan bola membuat sepakannya tidak berbuah gol.

Persela memilih bermain bertahan dalam pertandingan ini. Mereka terlihat ingin mempertahankan kedudukan 1-0 hingga akhir. Lini belakang tampil disiplin, sedangkan barisan penyerang tidak terlalu agresif saat memegang kendali permainan.

Machado kembali menebar ancamannya, kali ini lewat open play dengan tembakan dari luar kotak penalti. Pemain asal Brasil itu juga mampu mengarahkan bola ke gawang, namun Dwi Kuswanto lagi-lagi masih bisa mengamankannya.

Striker Youssef Ezzejjari tidak ketinggalan dengan berupaya membantu timnya menebar ancaman saat mendapat ruang tembak yang tepat. Di menit ke-77, dia hampir membukukan namanya di papan skor, tapi juga masih bisa diblok Dwi Kuswanto.

Tak ada tambahan gol yang tercipta sampai wasit meniup peluit panjang. Persela berhak mendapat tambahan tiga poin berkat kemenangan dengan skor tipis 1-0 ini. Kini mereka mengantongi 11 angka dari sembilan laga.

Hasil ini membawa Persela naik peringkat drastis dari posisi ke-15 menduduki peringkat kesembilan di klasemen sementara. Namun, mereka masih berpotensi tergeser turun peringkat lagi mengingat masih ada tujuh laga pekan kesembilan yang belum dimainkan.

Susunan Pemain

Persela (4-3-3): Dwi Kuswanto (kiper); Birrul Walidain, Andri Muliadi, Demerson Bruno Costa, Nasir (belakang); Ahmad Bustomi, Jabar Sharza, (tengah); Malik Risaldi, Ivan Carlos, Riyatno Abiyoso (depan)
Pelatih: Iwan Setiawan
Persik (4-2-3-1): Fajar Setya (kiper); Risna Prahalabenta, Agil Munawar, Arthur Felix Silva, Dany Saputra (belakang); Bayu Otto, ; , Dionatan Machado, (tengah); Youssef Ezzejjari (depan)
Pelatih:

Berita Terkait