Tekuk Persipura 1-0, Barito Putera Perpanjang Derita Mutiara Hitam

Barito Putera memperpanjang derita setelah menaklukkan lawannya itu dengan skor tipis 1-0 pada matchday kesembilan Liga 1 2021/22 di Stadion Moch Soebroto, Senin (25/11) sore WIB.

Kekalahan dari Barito Putera itu membuat Persipura melalui lima pertandingan secara beruntun tanpa kemenangan. Mutiara Hitam mendapatkan satu imbang dan empat kekalahan, sehingga membuat mereka turun ke posisi 17 klasemen sementara dengan nilai lima.

Sebaliknya, kemenangan atas Persipura mengangkat posisi Barito Putera menjadi satu tangga lebih baik ke peringkat 16 dengan nilai tujuh. Hasil itu memutus catatan buruk di tiga laga sebelumnya.

Barito Putera mengambil inisiatif serangan terlebih dulu selepas wasit meniupkan peluit kick-off. Ancaman sudah diberikan Abrizal Umanailo di awal laga, tapi sepakannya hanya menerpa sisi luar jala kiri gawang.

Persipura memberikan respons terhadap permainan agresif Persipura. Namun serangan yang monoton dengan mudah dapat dipatahkan barisan belakang Barito Putera. Satu peluang diperoleh Persipura melalui yang dapat dipatahkan kiper Aditya Harlan.

Selepas laga berjalan sepuluh menit, kedua tim tidak banyak mendapatkan kesempatan untuk menekan pertahanan lawan masing-masing, karena bola lebih sering berkutat di sektor tengah.

Menemui jalan buntu, Barito Putera mulai membuka opsi melepas tendangan dari luar kotak penalti. Hal itu dilakukan Rafael Oliveira pada menit ke-26. Tapi tendangan pemain dengan sapaan Rafinha ini masih belum menemui sasaran. Skor imbang tanpa gol ini bertahan hingga babak pertama usai.

Permainan Persipura dan Barito Putera tidak mengalami perubahan di babak kedua. Kendati demikian, Persipura mencoba memberi tekanan terlebih dulu demi memecahkan kebuntuan mereka.

Peluang diperoleh Persipura pada menit ke-50. melepaskan tendangan yang diblok Aditya. Bola muntah mengarah ke pemain pengganti Elisa Basna, tapi sepakannya melayang di atas mistar.

Barito Putera akhirnya berhasil memecahkan kebuntuan pada menit ke-56 melalui set-piece. Sepak pojok Umanailo berusaha dihalau kepala Ian Louis Kabes, tapi bola mengarah ke Azamat Baimatov yang langsung terbang untuk menyundul bola, dan menjebol gawang Fitrul Dwi Rustapa.

Persipura yang tersengat dengan gol Barito Putera langsung memberikan respons. Hanya saja, serangan yang dibangun anak asuh Jacksen F Tiago menemui jalan buntu. Di lain sisi, sektor pertahanan Barito Putera juga tampil disiplin.

Empat menit menjelang laga berakhir, Persipura mendapat kesempatan untuk menyamakan kedudukan, tapi tendangan Ferinando Pahabol berhasil ditepis Aditya. Begitu juga dengan sepakan Tatsuya Matsunaga di injury time yang ditepis Aditya sehingga skor 1-0 untuk keunggulan Laskar Antasari menutup pertandingan.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Persipura: Fitrul Dwi Rustapa; Donni Harold Monim, Ricardo Salampessy, Henrique Marcelino, David Rumakiek, Ian Louis Kabes, Todd Rivaldo Ferre, Takuya Matsunaga, Riky Kayame, Yohanes Pahabol, Yevhen Bokhashvili.

Barito Putera: Adhitya Harlan; Azamat Baimatov, Dandi Maulana, Miftah Sani, Bayu Pradana, , Rafi Syarahil, Rafael Oliveira ‘Rafinha’, , Ambrizal Umanailo, .

Berita Terkait