Prediksi Persipura Jayapura vs Barito Putera: Menang atau Pulang!

Berikut prediksi pertandingan Liga 1 2021 pekan kesembilan antara di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Senin (25/10/21).

Laga kali ini boleh dikatakan sebagai duel dua tim pesakitan. Bagaimana tidak, baik Persipura Jayapura maupun saat ini sama-sama berada di zona merah.

Siapapun yang menang, berpeluang naik ke posisi yang lebih aman. Tapi tim yang kalah, maka akan semakin terperosok di dasar klasemen, dan tentu terancam degradasi.

Setelah menang 2-1 atas Persiraja Banda Aceh, Persipura pun tak pernah menang dalam empat laga berikutnya. Saat ini tim asal Papua itu hanya mengoleksi lima poin.

Demikian pula dengan Barito Putera, yang terakhir kali mengalahkan PSM Makassar, kemudian kalah beruntun dalam tiga pekan. Sejauh ini tim baru mengoleksi empat poin.

Faktanya, pelatih kepala Persipura Jayapura saat ini, Jacksen Ferreira Tiago, merupakan mantan pelatih Barito Putera di Liga 1 2017 hingga awal musim Liga 1 2019 silam.

Kehadiran Jacksen F. Tiago dan mantan pemain Barito di Persipura, Donny Monim, tentu saja menjadi keuntungan bagi Laskar Mutiara Hitam di pertemuan mendatang.

Naas, secara statistik, Laskar Antasari tak pernah menang dari Persipura sejak tahun 2016 lalu. Bahkan, jika ditotal, Barito sudah kebobolan 16 gol dari delapan pertemuan.

Namun, Barito juga tentu mengusung ambisi untuk merebut poin penuh pekan ini, agar setidaknya bisa menjaga jarak dengan dan Persik Kediri.

Dengan materi pemain yang ada, kedua tim berjibaku untuk meraih poin penuh. Siapa yang akan menang, dan siapa yang harus menjadi pecundang di laga pekan ini?

Prakiraan pemain:

Persipura Jayapura (4-3-3): Fitrul Dwi Rustapa; Donny Monim, Ricardo Salampessy, Henrique Motta, David Rumakiek; Muhammad Tahir, Ian Kabes, Takuya Matsunaga; Todd Ferre, Theo Numberi,

Barito Putera (4-3-3): Aditya Harlan; Bagas Kaffa, Dandi Maulana, , Rifky Suryawan; Luthfi Kamal, Bayu Pradana, Beni Oktovianto; Buyung Ismu, ,

Player to Watch

Donny Monim (Persipura Jayapura)

Telah disebutkan sebelumnya jika Donny Monim ialah mantan pemain Barito Putera, dan tahu betul seperti apa pola serangan sayap dari Rizky Pora atau pemain lainnya.

Donny Monim juga merupakan salah satu bek serba bisa, baik saat ia ditempatkan sebagai bek tengah maupun di sisi kanan.

Kepiawaian ini membuatnya tak pernah absen merumput di Liga 1 2021, dan selalu jadi kepercayaan pelatih Jacksen F. Tiago. Menarik untuk menanti aksi Donny pekan ini.

Bagas Kaffa (Barito Putera)

Bagas Kaffa boleh dikatakan sebagai pengganti Donny Monim dalam line up Barito Putera musim ini. Ia ditempatkan sebagai fullback kanan, dan bisa juga ke depan untuk membantu sektor serangan.

Berkat kualitasnya yang tak diragukan lagi, Bagas Kaffa pun mendapat penghargaan sebagai pemain muda terbaik Liga 1 2021 edisi September, sehingga hal itu menjadi motivasi tambahan bagi sang pemain.

Bagas Kaffa tentu ingin membuktikan jika Barito layak berada di peringkat yang lebih baik, dan sebagai pemain bertahan, ia pun harus bekerja keras agar tidak kebobolan.

Head to Head:

Persipura 1-0 Barito Putera
Barito Putera 0-4 Persipura
Persipura 5-1 Barito Putera
Barito Putera 2-2 Persipura
Persipura 1-1 Barito Putera

5 Laga Terakhir Persipura:

Persik Kediri 4-2 Persipura
Persipura 1-3 Persebaya
Madura United 2-2 Persipura
Persipura 0-1
Persiraja 1-2 Persipura

5 Laga Terakhir Barito Putera:

Barito Putera 0-1
PSS Sleman 3-2 Barito Putera
Barito Putera 2-3 Bhayangkara FC
PSM Makassar 0-2 Barito Putera
Barito Putera 0-3 Tira Persikabo

Prediksi INDOSPORT:

Persipura Jayapura 40%
Imbang 30%
Barito Putera 30%.

Berita Terkait