Wander Luiz Pecah Telur, Persib Bandung Bikin Remuk PSS Sleman

Delapan pertandingan tak terkalahkan, dicatatkan oleh Bandung dalam kampanye mereka di Liga 1 musim ini. Melawan Sleman, di Stadion Manahan, Solo, Persib sukses membuat PSS tersungkur. Kabar baik lainnya untuk Pangeran Biru adalah, Wander Luiz akhirnya bisa mencetak gol musim ini.

Awal babak pertama benar-benar menjadi milik Persib, setidaknya pada 20 menit pertama mereka terus memberi tekanan kepada PSS. Mungkin, Dejan Antonic memang lebih ingin timnya lebih dulu bermain menunggu.

Gelombang serangan yang dilancarakan Persib cukup deras, Mario Maslac hingga harus bekerja keras menahan gempuran anak-anak Maung Bandung. Hingga menit ke-20, belum ada gol yang bisa dicetak.

Tendangan indah yang melengkung dilepaskan Ezra Walian ke gawang PSS, tepatnya pada menit 25′, tapi tendangan tersebut gagal menjadi gol. Sementara itu, Irfan Jaya sampai turun ke dalam dan menjangkau lini tengah, demi PSS bisa mengalirkan serangan.

Secara mengejutkan, PSS malah mampu mencuri gol terlebih dahulu. Berawal dari pemain belakang Persib yang keasyikan memainkan bola di area pertahanan sendiri, Irfan menyerobot bola, berlari, lalu kemudian melepaskan tendangan mendatar.

Bola mampu ditepis oleh , tapi Nemanja Kojic dalam momen yang tepat untuk menyerobot bola muntah dan menjaringkannya untuk menjadi gol bagi PSS. Tempo menurun, dan Persib benar-benar tertampar dengan gol tersebut.

Serangan balik dari PSS bukan main-main, pada pengujung babak satu pemain Persib kembali keteteran dengan serangan balik tersebut. Sayang tendangan jarak jauh dari melambung saja. Babak pertama selesai, dan skor 1-0 untuk PSS.

Pada babak kedua, Persib langsung melakukan pergantian, dengan memainkan Wander Luiz dan Geoffrey Castillion, menggantikan Ezra Walian serta Dedi Kusnandar. Hujan turun di Manahan, pada babak kedua, dan Persib coba mencari gol penyama kedudukan.

Gol yang dinantikan akhirnya tiba, pada menit 55′. Wander Luiz mencetak gol perdananya musim ini melalui penalti, dengan tenang dan menggunakan kaki kanan. Penalti diberikan , karena terjadi pelanggaran dari serta , kepada Frets Butuan.

PSS seakan roboh setelah Persib mampu mencetak gol, karena pada menit ke-57, Maung Bandung kembali mencetak gol. Berawal dari umpan silang ke kotak penalti. Rashid Bassim terbang bebas untuk menyundul bola dengan mantap, dan skor menjadi 2-1 untuk Persib.

Mental PSS seakan remuk setelah mereka tertinggal. Pertahanan nampak rapuh, dan akhirnya Persib mampu mencetak gol ketiga mereka pada menit ke-62. Kali ini Castillion memberi asis, Rashid kemudian mengontrol bola dengan tenang, dan memperdaya Miswar dari dalam kotak penalti.

Sepuluh menit akhir, mulai banyak pergantian pemain dari kedua tim. PSS masih berusaha mengejar ketertinggalan, tapi malah Persib yang kembali mencetak gol pada menit 82′. Wander Luiz mencetak gol keduanya dengan sundulan, menyambut umpan perekik yang enak dari Marc Klok.

Secercah harapan muncul pada menit ke-86 dengan Irfan Jaya mencetak gol. Berawal dari serangan balik yang dimotori Kojic, bola dioper kepada Irfan yang dalam posisi ideal, lalu dengan tenang pemain asal Bantaeng itu menaklukkan Teja Paku Alam. Salut untuk semangat Irfan sepanjang laga.

Menit-menit akhir pertandingan Persib nyaris menambah gol. Lari dari Wander Luiz sulit dijangkau pemain belakang Super Elang Jawa, tapi Miswar sigap memblok tendangan dari bomber asal Brasil itu. Laga ini ditutup perekik dari Juninho, yang nyasar ke langit. Akhir laga, skor 4-2.

Susunan Pemain

Persib: Teja Paku Alam; Henhen Herdiana, , , Zalnando; Marc Klok, Dedi Kusnandar, Rashid Bassim; Febri Hariyadi, Ezra Walian, Frets Butuan.

PSS: Miswar Saputra; Bagus Nirwanto, Asyraq Gufron, Mario Maslac, Samsul Arifin; Misbakus Solikin, Kim Kurniawan; Irfan Jaya, Juninho, Irkham Mila; Nikola Kojic.

Berita Terkait