Masalah Internal Persik Kediri Tak Untungkan Persipura Jayapura

Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago tidak ingin meremehkan Persik Kediri kala kedua tim saling berhadapan di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Kamis (21/10) petang WIB, dalam laga pekan kedelapan Liga 1 2021/22.

Persik belum memperoleh kemenangan dalam lima pertandingan terakhir. Mereka hanya mendapatkan dua imbang dan tiga kekalahan, sehingga berada di peringkat ke-16. Hasil buruk itu juga berdampak terhadap pelengseran Joko Susilo dari kursi pelatih, dan digantikan Alfiat.

Jacksen mengatakan, meski Persik belum memperoleh hasil bagus, ia sama sekali tidak meremehkan kekuatan calon lawan. Apalagi Persipura juga sedang memburu hasil bagus supaya bisa keluar dari papan bawah. Saat ini, posisi Persipura hanya satu tangga di atas Persik.

“[Persik] Sebenarnya tim yang cukup baik, punya pemain asing yang cukup baik. Tapi mereka ada sedikit masalah internal. Start mereka di liga lumayan, dan setelah itu ada penurunan sampai ada pergantian pelatih. Kami tidak boleh menganggap remeh hanya karena posisi mereka ada di bawah,” beber Jacksen.

“Kami menganggap mereka sama seperti lawan-lawan yang lain. Tujuan kami di setiap pertandingan adalah meraih hasil maksimal. Ini menjadi satu kesempatan lagi buat kami untuk keluar dari papan bawah.”

Jacksen menambahkan, semua pemain dalam kondisi siap tempur untuk mewujudkan ambisi meraih tiga angka. Ferinando Pahabol yang sempat bermasalah kebugaran juga sudah mengikuti latihan tim.

“Sampai saat ini tidak ada kendala apapun. Pemain asing kami menunjukkan peningkatan lebih baik dibandingkan pertandingan sebelumnya. Semua pemain juga dalam kondisi baik dan bugar. Hanya Feri Pahabol ada masalah sedikit dengan kaki, tapi dalam dua hari terakhir sudah ikut latihan,” tutur Jacksen.

Keyakinan mendulang angka penuh juga disampaikan Alfiat. Meski menilai Persipura merupakan tim bagus, Alfiat optimistis Persik mampu keluar dari tekanan demi memutus catatan buruk mereka.

“Semua pemain Persipura berbahaya. Saya akan berusaha mencari strategi untuk bisa meredam pemain Persipura. Paling penting kami disiplin menjaga man to man. Saya intruksikan mana yang lebih dekat, kami jaga,” kata Alfiat.

“Semoga strategi itu bisa berjalan dengan baik, dan kami menang. Saya sebagai pelatih harus optimis, harus yakin. Mudah mudahan kami diberikan kemenangan.”