Dominan tapi Kalah dari PSPS, Pelatih PSMS Akui Bertanggung Jawab Penuh

Pelatih PSMS Medan, Ansyari Lubis, mengaku bertanggung jawab atas kekalahan timnya dari PSPS Riau di laga keempat penyisihan Grup A Liga 2 2021 di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang, Rabu (20/10/21) sore.

Ayam Kinantan itu takluk 0-1 dari PSPS, lewat gol yang diciptakan M. Sanjaya pada menit ke-73. Itulah kekalahan perdana PSMS musim ini.

“Akibatnya perjuangan semakin berat. Saya harap kekalahan ini bukan berarti kiamat. Kalau kami bisa bangkit sungguh sangat bagus. Yang jelas saya bertanggung jawab,” ujar Ansyari Lubis dalam temu pers virtual usai pertandingan.

Masih menurut Uwak, sapaan akrab Ansyari Lubis, kekalahan ini juga membuat posisi PSMS tergeser ke urutan ketiga klasemen sementara dan membuat persaingan dengan tim lain menjadi lebih ketat. 

Sementara itu, kekecewaan juga disampaikan pemain PSMS Medan, Ichsan Pratama. Pemain terbaik Liga 2 2018 ini menyebut kekalahan dari PSPS Riau bukanlah akhir dari perjuangan.

“Mungkin hasil hari ini kurang memuaskan dari pemain maupun tim, tapi bukan akhir dari segalanya. Masih ada beberapa partai lagi semoga ini menjadi bahan evaluasi buat kami menjadi lebih baik lagi dan mendapat hasil maksimal,” ucap Ichsan Pratama.

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, kedua tim memperagakan permainan terbuka dengan saling melakukan jual beli serangan.

Bahkan PSMS Medan membuka peluang lewat tendangan keras yang dilakukan Rachmad Hidayat dari luar kotak penalti lawan pada menit ke-5, sayang masih melebar. 

Serangan demi serangan kembali dilakukan kedua tim, namun hingga turun minum skor 0-0 masih tetap bertahan. PSMS lantas coba melakukan rotasi pada lini tengahnya dengan memasukan Eli Nasoka dan menarik keluar Yudhi Aditya. 

Pada menit awal babak kedua, PSMS coba membuka serangan, namun kerap kandas di area pertahanan lawan. Beberapa kali bola mati yang didapat coba dialirkan ke pemain naturalisasi Mamadou Hady Barry, tapi lagi-lagi belum berhasil. 

Keasyikan menyerang, PSMS justru dikejutkan dengan serangan balik PSPS Riau. Di menit ke-73, M. Sanjaya yang berdiri bebas memanfaatkan umpan cantik rekannya berhasil memperdaya Abdul Rohim dan merubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan timnya.

Kendati menciptakan sejumlah peluang, PSMS Medan tak mampu menyamakan kedudukan hingga peluit akhir dibunyikan dan gagal meraup poin akibat ditaklukkan PSPS.