Jumpa di Liga 1, Pelatih Persebaya Abaikan Rekor 3 Kali Tumbangkan Persela pada 2021

Persebaya Surabaya bakal berjumpa dengan Persela Lamongan dalam pekan kedelapan BRI Liga 1 2021/2022. Duel sesama tim Jawa Timur itu bakal berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (21/10/2021) malam.

Persebaya sendiri punya catatan manis saat berjumpa Persela selama 2021 dengan selalu menang dalam tiga pertandingan. Satu di antaranya terjadi di fase grup Piala Menpora 2021 dan dua lainnya adalah laga uji coba pramusim.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, memandang rekor ciamik timnya itu tidak bisa menjadi patokan bahwa Persela mudah ditundukkan. Skuat Laskar Joko Tingkir tetaplah calon lawan yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

“Itu sudah tidak bisa jadi patokan lagi. Waktunya berbeda, situasinya berbeda. Saya berharap anak-anak bisa tampil fight untuk menenangkan pertandingan melawan Persela supaya kami lebih percaya diri,” kata Aji, Selasa (19/10/2021).

Pelatih berusia 51 tahun itu sebenarnya merupakan sosok yang tidak asing dengan Persela. Dia pernah menangani klub asal Kota Soto itu pada dua periode yang berbeda, masing-masing pada 2016 dan 2017-2019.

Menariknya, duel ini menjadi kali pertama Aji Santoso berjumpa dengan Persela di kancah Liga 1 meski sudah hengkang sejak dua tahun silam. Pertandingan ini tentu akan jauh lebih kompetitif bagi Persebaya Surabaya dan Persela.

Di sisi lain, Persela telah mengalami banyak perubahan materi pemain setelah ditinggal oleh Aji Santoso pada 2019. Dwi Kuswanto dkk. kini ditangani oleh Iwan Setiawan dengan banyak mengorbitkan pemain muda.

Di klasemen sementara saat ini, Persela memang masih menghuni papan bawah, tepatnya peringkat ke-14 dengan tujuh poin dari tujuh laga. Tapi jangan lupakan aksi mereka yang masih mampu mendulang poin dalam kondisi berlaga dengan 10 pemain.

Persela sudah tiga kali bertanding dalam kondisi kalah jumlah pemain. Hasilnya hanya sekali kalah 0-1 dari Persita Tangerang. Dua lainnya justru menang 1-0 atas Persipura Jayapura dan menahan imbang Madura United dengan skor 2-2 pekan lalu.

“Saya ingatkan kepada pemain, tidak mudah mengalahkan Persela. Tetapi kalau anak-anak bekerja keras, mengerahkan segala kemampuan, itu terbuka. Kalau main seperti melawan Persipura pasti bisa menang,” ucap Aji.

“Yang jelas saya sudah melihat bagaimana cara main Persela. Kami mengantisipasi apa yang menjadi kelebihan dan kelemahan. Kami akan berusaha mengeksploitasi kelemahan Persela Lamongan,” imbuh pelatih asli Malang itu. (Bola.com)