Laga Uji Coba Timnas U-23 Indonesia Vs Tajikistan Tidak Disiarkan Live, Ini Penjelasan PSSI

menjelaskan alasan laga uji coba antara U-23 dan Tajikistan tidak disiarkan secara langsung.

Sebelumnya, skuad Garuda Muda sudah dipastikan hanya akan menghadapi Australia dalam ajang tersebut.

menjadi lawan tunggal Indonesia lantaran dua pesaing di Grup G lainnya, yakni China dan Brunei Darussalam, sudah memutuskan mundur karena alasan pandemi Covid-19.

Atas dasar itu, Asnawi Mangkualam dkk harus berhadapan dengan Australia dalam dua leg yang digelar pada 27 dan 30 Oktober 2021.

Sebagai bagian dari persiapan menghadapi Olyroos, julukan timnas U-23 Australia, akan melakoni dua laga uji coba.

Pertama, pasukan Shin Tae-yong akan menghadapi timnas U-23 Tajikistan pada hari ini, Selasa (19/10/2021) pukul 20.00 WIB.

Sementara lawan pada laga uji coba kedua adalah timnas U-23 Nepal, di mana kedua tim akan saling berhadapan pada 22 Oktober 2021.

Tak seperti laga-laga timnas sebelumnya, laga uji coba kali ini tidak akan disiarkan secara langsung di stasiun televisi nasional.

PSSI selaku federasi menjelaskan, laga uji coba ini tidak akan disiarkan demi menjaga privasi dari skuad pilihan Shin Tae-yong jelang melawan Australia.

“Pertandingan persahabatan ini tidak disiarkan secara langsung perihal kebutuhan teknik timnas U-23 Indonesia dan tim lawan,” tulis PSSI saat menjawab pertanyaan warganet di Instagram.

“Tetap dukung Garuda Muda ya!” tulis PSSI lagi.

Kejadian serupa juga pernah terjadi dalam laga melawan Afghanistan dan Oman pada Juni lalu.

Saat itu, skuad Garuda tengah mempersiapkan diri untuk tampil di .

Shin Tae-yong sendiri yang mengaku enggan jika laga uji coba anak didiknya disiarkan secara langsung di televisi nasional.

Pelatih asal Korea Selatan itu tidak ingin jika tim lawan bisa mencari tahu kekuatan timnas Indonesia lewat laga yang bisa disaksikan secara bebas.

“Sebagai pelatih memang harus begitu. Dan siapapun pasti akan melakukan hal begitu,” kata Shin Tae-yong dalam rilis resmi PSSI pada Juni lalu.

“Tentunya itu dengan alasan sebelum laga resmi tak mau menunjukkan taktik kepada tim lain,” tambah mantan pelatih timnas Korea Selatan tersebut.

Di lain sisi, Shin Tae-yong punya tekanan khusus untuk para pemainnya jelang laga uji coba malam nanti.

Pelatih 52 tahun itu ingin Pratama Arhan dkk fokus mengembangkan organisasi permainan di lapangan.

“Jadi kami melihat bagaimana pemain mengerti dan memahami taktik dan gaya permainan yang kami inginkan,” kata Shin Tae-yong.

Berita Terkait