Timnas Indonesia U-23 Bisa Berharap Banyak pada Witan Sulaeman, Bintang Muda dengan Segudang Pengalaman

Pelatih Timnas U-23 dan senior, Shin Tae-yong, telah sedang menyiapkan para pemain untuk menjalani U-23 2023 dan Piala AFF 2020. Sejauh ini, dari beberapa nama tenar yang tidak dibawa dalam persiapan skuad U-23, ada sosok .

Selain Witan Sulaeman, ada Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, dan Syahrian Abimanyu yang urung diangkut ke Tajikistan dalam persiapan menuju Kualifikasi 2023. Akan tetapi, kans mereka untuk bergabung cukup besar.

Keempatnya merupakan pemain yang berkarier di luar negeri. Karena uji coba kontra Tajikistan di luar kalender FIFA, pihak klub tidak memberikan izin kepada para pemain tersebut untuk mengikuti kegiatan Timnas Indonesia U-23, terlebih Saddil yang saat ini sedang dalam proses pemulihan cedera.

Bola.com menyoroti permainan Witan Sulaeman yang makin matang dari waktu ke waktu. Winger itu juga bermain apik, mencetak satu gol kala Timnas Indonesia memecundangi Chinese Taipei 3-0 dalam leg kedua 2022.

Ia merupakan senjata utama pelatih Shin Tae-yong di posisi sayap kanan sejak di . Posisi Witan hampir tidak tergeser selama mengikuti pemusatan latihan dan laga uji coba di Kroasia.

Witan Sulaeman memiliki kelincahan, kecepatan berlari, dan tembakan akurat sehingga sering dipercaya pelatih Shin Tae-yong. Menarik untuk melihat kiprah Witan bersama Timnas Indonesia U-23 dalam waktu dekat dan senior pada masa-masa mendatang.

Witan Sulaeman menjadi satu di antara pemain tengah potensial yang dimiliki Indonesia saat ini. Bakat dan kemampuannya sudah terlihat sejak lama, hingga ia menjadi andalan lini tengah Timnas di beberapa ajang kelompok usia.

Di perhelatan SEA Games 2019 di Filipina, satu slot gelandang di Timnas Indonesia menjadi miliknya. Dia berperan apik di sisi sayap kanan permainan. Ia juga lama digembleng Shin Tae-yong seperti dalam pemusatan latihan Timnas U-19 di Kroasia tahun lalu.

Kualitas paling menonjol dari seorang Witan Sulaeman adalah kecepatan menyisir dari pinggir permainan, skill dan dribel menawan, serta naluri menyerang pertahanan lawan. Hal yang sering dilakukannya dalam beberapa uji coba bersama Timnas Indonesia saat TC di Kroasia.

Witan Sulaeman semakin matang dalam kariernya di klub. Meski sempat setengah musim menjalani kerasnya bersama pada 2019, kini kiprahnya semakin melejit. Kini ia bermain untuk klub kasta tertinggi Liga Serbia, FK Radnik Surdulica.

Witan Sulaeman adalah pemain muda Indonesia kelahiran Palu yang pernah bermain untuk klub Ragunan dan Timnas Indonesia U-19. Pemain kelahiran 8 Oktober 2001 ini dianggap sebagai salah satu gelandang muda berbakat Indonesia saat ini.

Witan menjalani debut internasional bersama Timnas U-19 di laga melawan Timnas Brasil U-20 di turnamen Toulon pada 2017 lalu. Pada pertandingan yang digelar di Prancis ini, Timnas U-19 harus menelan kekalahan dengan skor 0 – 1.

Nama Witan semakin dikenal oleh publik sepak bola Indonesia saat tampil bersama Timnas U-19 di ajang Piala AFF U-18 2017. Di turnamen ini, Witan berhasil mencetak gol pertamanya untuk Timnas U-19 di pertandingan melawan Brunei Darussalam.

Sayang, hanya sanggup menembus semifinal setelah ditumbangkan Thailand lewat drama adu penalti.

Berita Terkait