Kisah Ricky Kambuaya: Mutiara yang Dipoles Aji Santoso di Persebaya, Cemerlang di Timnas Indonesia

Gelandang Surabaya, , tengah menjadi sorotan. Pemain kelahiran Sorong itu dinilai tampil baik ketika bermain untuk Indonesia dalam play-off 2023.

Ricky Kambuaya turut mengantarkan Timnas Indonesia mengalahkan Chinese Taipei dalam dua leg pertandingan play-off Kualifikasi . Pemain ini tampil dominan dan berhasil menyumbangkan satu dari total lima gol yang dibuat Tim Garuda.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, tidak menampik bahwa Ricky Kambuaya memang pemain yang memiliki kualitas. Tidak heran, dia juga menjadi satu di antara beberapa andalan tim Kota Pahlawan.

“Ricky Kambuaya sekarang memang menjadi hot topic ya dengan penampilannya yang sangat bagus, baik di kompetisi maupun di Timnas Indonesia,” ujar Aji Santoso kepada Bola.net.

“Terbukti dalam dua pertandingan melawan Chinese Taipei, Ricky Kambuaya sangat dominan. Bahkan dalam pertandingan kemarin, selain bermain sangat bagus dia juga bisa mencetak gol.”

“Ini membuktikan bahwa pembinaan di Persebaya Surabaya selalu memunculkan pemain-pemain nasional yang sudah on the track,” lanjut Aji Santoso menegaskan bahwa Ricky Kambuaya merupakan buah dari sebuah pembinaan yang bagus.

Namun, sebelum menjadi andalan Persebaya dan Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya belum begitu dikenal. Bahkan dia lebih sering berada di bangku cadangan.

Kejelian Aji Santoso yang membuat nasib Ricky Kambuaya berubah. Dia membawanya dari Sleman untuk kemudian menjadikannya seorang pemain yang diperhitungkan.

“Saya merekrut Kambuaya dulu hanya seorang pemain cadangan, seorang pelapis di yang menurut saya, penglihatan saya, dia sangat jarang menjadi starter,” jelas Aji.

“Ketika mengambil Ricky Kambuaya, saya pun hanya melihatnya sekitar lima menit. Meski dia jarang menjadi starter, saya melihat ada sesuatu yang bisa ditingkatkan terhadap Ricky Kambuaya,” lanjut pelatih Persebaya Surabaya itu.

Keyakinan Aji Santoso itu benar. Ricky Kambuaya menjadi pemain yang cukup bersinar bersama Persebaya, hingga pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, pun meliriknya.

“Sekarang Ricky Kambuaya moncer. Menurut saya bisa dikatakan from zero to hero, inilah Kambuaya. Pertama, perekrutan saya tidak salah. Kedua, Kambuaya sangat berkembang di Persebaya,” terangnya.

Lebih lanjut, Aji Santoso menegaskan satu hal yang membuatnya tertarik terhadap Ricky Kambuaya adalah skill bermain sepak bola yang bagus. Hal itu ditopang dengan kemampuan membaca permainan.

“Saya melihat anak ini punya visi bermain sepak bola dan skill sepak bola yang bagus, meskipun waktu itu sepertinya belum benar-benar dieksplorasi,” ujar Aji.

“Saya memiliki pandangan bahwa anak ini masih bisa dikembangkan, masih bisa ditingkatkan, dan alhamdulillah ternyata itu benar,” lanjut pelatih asal Malang itu.

Aji Santoso sangat yakin Ricky Kambuaya akan makin bersinar. Terpenting dia tidak cepat puas dengan apa yang dicapai saat ini dan terus menjaga kedisiplinan di dalam maupun luar lapangan.

“Dia pemain yang cukup bertalenta, pribadinya bagus, pekerja keras,” lanjut juru taktik asal Kepanjen, Kabupaten Malang, itu.

“Saya sangat yakin kalau dia tetap disiplin dan bekerja keras, anak ini memiliki masa depan yang cerah di persepakbolaan Indonesia. Saya sangat yakin sekarang banyak klub yang tahu kualitas Ricky Kambuaya,” tandasnya. (bola.com)

Berita Terkait

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.