Timnas Indonesia Lolos! Siapa Calon Lawan Berikutnya Di Kualifikasi Piala Asia 2023?

telah mengamankan tiket untuk lolos ke babak selanjutnya dari Kualifikasi 2023. harus berjuang melalui play-off, demi bisa melanjutkan asa mereka tampill di Piala Asia 2023.

Cina Taipei yang jadi lawan Indonesia sukses ditaklukkan pada laga yang digelar dua leg di Thailand. Pada pertemuan perdana Indonesia menang dengan skor 2-1, lalu mengamuk pada leg kedua, tiga gol tanpa balas.

Berikutnya, timnas Indonesia harus melanjutkan perjuangan mereka pada putaran ketiga . Tidak akan mudah, karena sejumlah tim kuat berpotensi menjadi lawan dari skuad arahan Shin Tae-yong.

Akan ada 24 tim yang berjuang di putaran ketiga kualifikasi tersebut, yang masing-masing mencapai fase ini dengan berbagai mekanisme, termasuk babak play-off seperti timnas Indonesia. Putaran ketiga ini akan dimainkan dengan sistem grup, 24 tim dibagi ke dalam enam grup.

Timnas Indonesia tergabung di pot keempat undian grup putaran ketiga kualifikasi, dan masih satu slot pot empat masih menanti hasil dari laga antara Guam kontra Kamboja, yang akan dirampungkan pada 12 Oktober.

Pot empat ini sudah dihuni oleh timnas Indonesia, Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Lanka, dan Kamboja/Guam. Penentuan pot ini berdasarkan peringkat negara pada ranking yang segera diperbarui pada 21 Oktober 2021.

Dengan demikian, pada putaran ketiga kualifikasi nanti, timnas Indonesia sangat mungkin bertemu tim kuat yang mendapat pot tiga, dua dan juga satu. Kecuali, jika pada Oktober ini mengalami perbaikan signifikan, sehingga berpindah pot.

Tim sekelas Uzbekistan masih harus bermain di putaran ketiga kualifikasi, dengan status mereka saat ini masih menghuni pot satu. Tim lain di pot tersebut ada Bahrain, Yordania, Kyrgyzstan, Palestina, dan India.

Lalu untuk pot dua, Tajikistan, Myanmar, Turkmenistan, Kuwait dan duo negara kuat Asia Tenggara, Thailand, serta Filipina. Untuk pot tiga, terdapat Hong Kong, Yaman, Afghanistan, Maladewa, Singapura, dan .

Sangat mungkin untuk timnas Indonesia bertemu Thailand, Malaysia, Uzbekistan pada putaran ketiga kualifikasi nanti. Perjuangan Garuda cukup berat, karena harus mengamankan peringkat teratas fase grup putaran ketiga kualifikasi, jika mau lolos ke Piala Asia 2023, atau setidaknya bisa jadi runner-up terbaik.

Karena menentukan, enam tim teratas dari masing-masing grup akan otomatis lolos ke Piala Asia 2023, ditemani lima runner-up terbaik.

Berita Terkait