Shin Tae-yong Bikin Formasi Timnas 4-1-4-1, Bung Towel: Ini Baru Sepak Bola Modern

Pelatih menerapkan formasi 4-1-4-1 saat Timnas Indonesia menghadapi Taiwan di playoff Kualifikasi , Kamis (07/10/21).

Pengamat dan komentator sepak bola nasional, alias , mengaku takjub saat melihat Tim Nasional Indonesia menunjukkan sesuatu yang baru.

Menurut Bung Towel, Shin Tae-yong sukses saat menerapkan formasi 4-1-4-1, kemudian pemain akan sigap mengubah formasi jadi 2-3-4-1, saat Evan Dimas dkk menguasai bola dan menyerang pertahanan Taiwan.

“Kalau kita lihat, formasinya bisa dibilang 4-1-4-1, dalam hal cara bermain. Saya lihat di belakang ada Miftah Anwar Sani, , , Fachruddin,” ujar Bung Towel di kanal Youtube-nya.

“Di depan empat bek itu kan ada Asnawi Mangkualam. Lalu di kanan, Evan Dimas, , Ricky Kambuaya. Kemudian di depan .”

Bung Towel juga melihat bagaimana pemain bisa fleksibel berubah posisi, tentu dengan mempertimbangkan penguasaan bola. Ada Rachmat Irianto dan Miftah Anwar Sani yang bisa maju dan membantu lini tengah.

“Tapi saya lihat formasi ini asimetris, posisi Fachruddin tidak menjelma sebagai fullback kanan sesungguhnya. Di kiri, Miftah Sani diberi kekeluasaan untuk lebih bergerak.”

“Tim juga condong ke sebelah kiri, itu yang saya sebut asimetris, karena di sebelah kiri ada Ramai Rumakiek, Ricky Kambuaya, Evan Dimas juga berusaha menyeimbangkan.”

“Mereka fleksibel dari 4-1-4-1, dan saat menyerang pegang bola, lalu jadi 2-3-4-1. Begitu kehilangan bola, mereka juga cepat pressing sambil turun ke posisi,” tuntasnya.

Dengan formasi ini, Timnas Indonesia bisa membekuk Taiwan dengan skor 2-0. Bung Towel mengaku puas dengan permainan Evan Dimas dkk, seperti melihat sepak bola modern di bawah racikan Shin Tae-yong.

Masih ada leg kedua pertandingan antara Timnas Indonesia vs Taiwan, Senin (11/10) nanti. Bung Towel berharap skuat Garuda asuhan Shin Tae-yong berhasil lolos ke 2023.

Berita Terkait