Libas Taiwan 3-0, Indonesia Lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023

Timnas dipastikan lolos ke Kualifikasi usai mengalahkan Taiwan dengan skor 3-0 pada pertandingan leg kedua di Stadion Buriram, Thailand, Senin (11/10) malam WIB.

Indonesia unggul berkat gol indah pada menit ke-26, Ricky Kambuaya pada menit ke-55, dan pada menit ke-92.

Kemenangan ini membuat Indonesia menang agregat 5-1 atas Taiwan setelah pada leg pertama Tim Garuda unggul 2-1, Kamis (7/10) lalu.

Pada laga ini, Indonesia berhasil menguasai jalannya permainan. Namun,memasuki lima menit permainan, Taiwan mulai menekan Indonesia lewat serangan balik dan set piece.

Bahkan, Taiwan mampu mengancam gawang Indonesia pada menit kedelapan lewat tandukan Wu Chun Ching yang masih melambung di atas gawang Riyandi.

Indonesia sempat mendapatkan peluang emas pada menit ke-15 lewat kombinasi serangan yang dibangun dengan baik. Sayang Adam Alis yang mendapat umpan di kotak penalti Taiwan terlebih dahulu terjebak offside.

Indonesia akhirnya berhasil unggul 1-0 pada menit ke-26 lewat gol indah Egy Maulana Vikri yang melepaskan tembakan melengkung yang tidak mampu dijangkau kiper Taiwan.

Tak ada gol tambahan yang tercipta hingga pertandingan babak pertama berakhir. Indonesia unggul 1-0 atas Taiwan di babak pertama.

Di babak kedua, Timnas Indonesia menambah daya gedor dengan memasukkan Witan Sulaiman menggantikan Adam Alis. Indonesia pun kembali mengambil inisiatif serangan di awal babak kedua.

Namun, pada menit ke-49 gawang Indonesia nyaris kebobolan setelah Riyandi kembali melakukan blunder. Riyandi yang keluar dari sarangnya gagal menjangkau bola yang membuat pemain Taiwan bebas melakukan sundulan ke arah gawang Indonesia. Beruntung, bola tidak masuk ke gawang Indonesia setelah diamankan pemain belakang Tim Garuda.

Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat tembakan keras Ricky Kambuaya pada menit ke-55. Dua menit berselang, Indonesia kembali mendapat kesempatan lewat tendangan bebas . Namun, tembakan Evan Dimas masih mampu diamankan kiper Taiwan meski tangkapan pertamanya sempat terlepas.

Pada menit ke-70, Indonesia kembali mendapatkan peluang emas lewat setelah tendangannya membentur mistar gawang Taiwan.

Pada menit ke-85, Tim Garuda mampu mengancam gawang Taiwan lewat sepakan Witan Sulaiman yang hanya menyambar jaring gawang sebelah kanan gawang lawan usai meneruskan umpan lambung .

Indonesia berhasil menambah skor menjadi 3-0 lewat gol Witan Sulaeman. Kemenangan ini membuat Indonesia lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023.

Susunan Pemain Indonesia vs Taiwan

Indonesia (4-2-3-1): Muhammad Riyandi (PG); Mangkualam, Victor Igbonefo, Ryuji Utomo, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya; Adam Alis, Evan Dimas, Egy Maulana Vikri; Dedik Setiawan

Taiwan (5-3-2): Shin Shin An (PG); Hsieh Peng Long, Chen Ting Yang, Liang, Meng Hsin, Cheng Hao, Lin Cheng Yi; Emilio Estevez, Wu Yen Shu, Lin Ming Wei; Li Mao, Wu Chun Ching

Berita Terkait