Lolos ke Semifinal PON XX, Tim Sepakbola Papua Berambisi Kawinkan Medali Emas

Tim sepakbola putra Papua baru saja memastikan diri lolos ke semifinal cabang olahraga sepakbola Pekan Olahraga Nasional (PON) XX usai mengalahkan tim Sumatera Utara dengan skor 2-0 di babak 6 besar Grup D di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Minggu (10/10/21).

Melenggangnya tim putra ke babak semifinal sepakbola PON XX menimbulkan optimisme tinggi dari Asprov PSSI Papua untuk mengawinkan medali emas, setelah sehari sebelumnya tim sepakbola putri juga berhasil melaju ke babak final.

Ketua Asprov PSSI Papua, Benhur Tomi Mano berharap tim sepakbola Papua bisa mewujudkan ambisi tersebut.

“Besok tim putri kita akan bermain di laga final lawan Jawa Barat. Dan tim futsal kita juga sudah mendapatkan medali emas, dan kita harap di sepakbola putra dan putri bisa mengawinkan medali emas. Saya minta untuk mereka tetap disiplin dan jaga stamina,” kata Benhur usai laga Papua vs Sumut.

Sementara itu, pelatih sepakbola Papua, Eduard Ivakdalam puas dengan hasil yang diraih oleh anak asuhnya. Namun, ia meminta kepada anak asuhnya untuk tidak terlampau jemawa.

“Kita tidak boleh cepat puas dengan hasil pertandingan ini, karena kita akan mendapatkan ujian lagi di babak semifinal. Tapi secara keseluruhan anak-anak sudah bermain dengan semangat juang yang tinggi sehingga kita bisa mencetak gol dan meraih kemenangan,” kata legenda Persipura yang akrab disapa Edu itu.

Tim sepakbola putra Papua akan mendapatkan ujian yang tak ringan dari lawannya di babak semifinal, Kalimantan Timur yang berstatuskan sebagai runner up Grup E babak 6 besar.

Walaupun baru saja dihajar Jawa Timur dengan skor sangat telak 1-5, namun Kalimantan Timur tetap tak bisa dianggap remeh.

Edu sendiri menegaskan jika timnya akan tetap bermain fight seperti di laga-laga sebelumnya. Pasalnya, Edu menyebut siapapun lawan yang akan dihadapi anak asuhnya semua punya kekuatan yang merata.

“Lawan siapapun kita akan tetap siap dan bermain seperti di laga sebelumnya,” pungkas Edu. 

Tim Papua melenggang ke semifinal sebagai juara grup dengan mengantongi hasil dua kali kemenangan atas Aceh (1-0) dan Sumut (2-0). Aceh menemani Papua ke babak semifinal.