Shin Tae-yong Ungkap Alasan Pasang Tiga Debutan Jadi Starter

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan alasannya memainkan tiga pemain debutan sebagai 11 pertama alias starter menghadapi Taiwan di Stadion Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021) malam.

Seperti diketahui, ada tiga pemain debutan yang dimainkan Shin Tae-yong sebagai starter yaitu Miftah Anwar Sani, Ricky Kambuaya, dan Ramai Rumakiek.

Menurut Shin Tae-yong, ketiga pemain debutan tersebut sengaja dipasang karena kemampuan yang mereka miliki bakal membantu meningkatkan performa tim di atas lapangan.

“Memang pemain-pemain yang tadi disebutkan itu (Miftah, Ricky, Ramai Rumakiek) karena akan jadi bantuan untuk tim kami, sengaja dimasukkan ke starter untuk performa yang lebih baik lagi untuk tim,” kata Shin Tae-yong, dalam jumpa pers setelah pertandingan.

Hal itu pun terbukti. Ramai Rumakiek, pemain berusia 19 tahun itu menjadi pencetak gol pembuka dalam pertandingan tersebut.

Ramai Rumakiek memang tak bermain lama. Ia hanya turun selama 27 menit dan harus ditarik keluar karena mengalami cedera.

Namun sumbangan satu golnya sangat bernilai dalam laga melawan Taiwan. Selain membuat timnas Indonesia unggul, gol tersebut juga semakin mengangkat kepercayaan diri para pemain.

Skuad asuhan Shin Tae-yong menjadi lebih nyaman dalam menguasai dan mengalirkan bola dari kaki ke kaki.

Patut juga dicatat bahwa pemain yang memberikan assist untuk gol Ramai Rumakiek ialah Miftah Anwar Sani.

Sementara Ricky Kambuaya yang tampil selama 72 menit di lini tengah timnas Indonesia juga memiliki kontribusi nyata.

Pemain berusia 25 tahun itu tercatat tiga kali melakukan intersep untuk memutus laju serangan dari Taiwan. Selain itu, Ricky Kambuaya juga melepaskan 44 umpan sukses.

Catatan-catatan tersebut membuktikan bahwa keputusan Shin Tae-yong untuk memainkan Miftah, Ricky dan Rumakiek cukup tepat.

Sementara itu, terkait cedera yang dialami Ramai Rumakiek, pelatih asal Korea Selatan itu belum dapat memastikan kondisinya. Ia masih menunggu laporan dari dokter tim.

“Untuk Ramai yang cedera, jujur belum tahu karena belum mendapat laporan dari dokter tim. Mungkin setelah ke hotel kami akan dapat laporannya,” ujar Shin Tae-yong.