Menuju Seri Kedua Liga 1 2021-2022, Persib Evaluasi Sistem Penyerangan

Persib Bandung melalui seri pertama Liga 1 2021-2022 dengan mengecewakan.

Enam pertandingan di Liga 1 2021, dilalui Persib dengan hanya mencatatkan dua kemenangan dan empat hasil imbang.

Ironisnya, hasil imbang didapatkan Persib dalam empat laga beruntun, yakni saat menghadapi Bali United (2-2), Borneo FC (0-0), Persikabo 1973 (0-0), dan PSM Makassar (1-1).

Sementara itu, dua kemenangan diraih Persib dalam dua laga awal menghadapi Barito Putera (1-0) dan Persita Tangerang (2-1).

Gagal meraih kemenangan dalam empat laga beruntun jelas mengindikasikan bahwa ada yang tidak beres dengan performa tim berjuluk Maung Bandung itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, evaluasi pun menjadi hal yang wajib dilakukan Persib sebelum mengarungi seri kedua Liga 1 2021-2022.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, menyadari hal tersebut.

Alberts mengatakan, dalam waktu dekat, dia akan mengumpulkan seluruh pemain untuk membicarakan hal-hal yang harus segera diperbaiki agar Persib bisa menunjukkan performa lebih baik di seri kedua Liga 1 2021.

“Kami terlalu banyak meraih hasil imbang (di seri pertama). Kami akan duduk bersama, kami akan melalui ini,” kata Alberts kepada wartawan, Sabtu (2/10/2021) malam WIB.

“Kami memiliki sepuluh hari waktu latihan sebelum seri kedua dimulai dan kami harus memastikan semua hal membaik untuk meraih kemenangan,” sambung dia.

Seri kedua Liga 1 2021-2022 rencananya bergulir pada 15 Oktober mendatang.

Artinya, Persib memiliki waktu selama lebih kurang 12 hari untuk berbenah sebelum menghadapi seri kedua Liga 1 musim ini.

Alberts menegaskan, Persib akan memaksimalkan waktu persiapan itu dengan memperbaiki semua kekurangan yang masih melekat di timnya.

Para pemain Persib akan bekerja keras untuk berbenah agar konsisten meraih hasil positif di setiap laga yang mereka lakoni.

“Kami memiliki 12 hari dan kami akan berlatih dengan keras untuk membenahi kekurangan ini. Dan kami sudah tahu apa yang harus dilakukan dalam masa persiapan selama 12 hari menjelang seri kedua,” tegas Alberts.

Melihat performa Persib selama seri pertama Liga 1 2021-2022, lini serang tampaknya menjadi kendala Maung Bandung.

Belum ada gol yang disumbangkan oleh Wander Luiz, Geoffrey Castillion, dan Ezra Walian sebagai penggawa barisan depan Maung Bandung.

Lima dari total enam gol yang dibukukan Persib dalam kiprahnya di seri pertama Liga 1 2021-2022 disumbangkan oleh tiga pemain berposisi gelandang.

Mereka adalah Marc Anthony Klok (1 gol), Mohammed Rashid (2 gol), dan Beckham Putra Nugraha (2 gol).

Adapun satu gol lainnya tercipta melalui kesalahan pemain lawan yang mencetak gol bunuh diri.

Selain masih majalnya lini depan, Alberts juga menyoroti minimnya aliran bola ke area depan.

Hal tersebut dikarenakan para pemain Persib sering sekali kehilangan bola karena kesalahan elementer.

Oleh karena itu, para penyerang juga kesulitan untuk mendapatkan peluang berbahaya untuk mencetak gol karena pasokan bola ke depan seringkali tersendat.

“Kami sudah menganalisa bahwa barisan belakang dan tengah sudah berada di jalur yang benar,” kata Alberts.

“Namun, kami harus bisa membuat penyerangan menjadi lebih efisien dan menjadi lebih agresif serta tangguh,” tutur pelatih Persib Bandung itu.

Kompas.com Play