Lawan Taiwan, Lini Depan Timnas Diisi Striker-striker Mandul di Liga 1

Timnas Indonesia membawa striker-striker mandul ke Thailand untuk playoff Kualifikasi Piala Asia 2023. Ada empat pemain depan yang diboyong Shin Tae-yong.

Empat pemain itu adalah Kushedya Yudo, Dedik Setiawan, Taufik Hidayat, dan Hanis Saghara. Kuartet ini hanya mencatat 1 gol yang dicatat oleh Hanis Saghara.

Tak ada nama Ilija Spasojevic yang merupakan top skor BRI Liga 1 2021. Penyerang Bali United itu padahal tengah on-fire dan sudah mengemas lima gol.

Selain Spaso, sebenarnya ada juga pemain-pemain lokal yang cukup produktif. Sebut saja Ilham Udin Armaiyn, Irsyad Maulana, hingga Hari Nur Yulianto, yang masing-masing sudah mengemas tiga gol.

Terkait hal itu, Shin Tae-yong menyebut bahwa pemain pilihannya sudah sesuai dengan kriterianya. Khusus Spaso, ia merasa tak cocok dengan pemain naturalisasi itu.

“Memang, Ilija Spasojevic sempat saya panggil untuk beberapa kali pemusatan latihan Timnas Indonesia. Saat ini, performanya di BRI Liga 1 cukup baik,” kata Shin Tae-yong kepada wartawan.

“Dia juga menjadi top scorer sementara BRI Liga 1. Namun, pergerakan yang saya inginkan dengan gaya permainan dia itu berbeda. Dia juga sudah berumur. Saya mengakui kemampuan Ilija Spasojevic,” ucapnya.

Timnas Indonesia sudah berangkat ke Thailand setelah prosesi pelepasan yang digelar, Minggu (3/10/2021) pagi WIB. Di Thailand Evan Dimas cs akan dua kali menghadapi Taiwan pada 7 dan 11 Oktober di Chang Arena, Buriram, Thailand.

Sebelumnya para pemain sudah menjalani Pemusatan Latihan (TC) sebanyak dua kali. Pertama digelar sejak 19 September dan sesi kedua sejak 30 September.

“Filosofi saya adalah liga harus berkembang, baru timnas berkembang. Maka dari itu, kemarin di pekan kelima, pemain dilepas biar bisa meningkatkan performa pertand√≠ngan daripada di latihan timnas,” tutur Shin Tae-yong.

“Jadi pemain sudah mengikuti sampai mengikuti laga hingga pekan kelima, jadi dengan performa seperti itu saya akan membawa mereka ke Thailand. Dengan adanya meeting dan latihan 3-4 hari mungkin cukup mereka untuk menerapkan filosofi permainan,” ucapnya.

Baca juga: