Shin Tae-yong Pulangkan Rifad Marasabessy dari TC Timnas Indonesia karena Indisipliner

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memulangkan Rifad Marasabessy dari pemusatan latihan pada Kamis (30/9/2021).

Shin Tae-yong mengembalikan Rifad Marasabessy ke klubnya yaitu Borneo FC usai sang pemain melakukan tindakan indisipliner.

“Rifad datang melebihi waktu yang telah ditentukan untuk berkumpul di hotel,” kata Shin Tae-yong dilansir dari laman resmi PSSI.

“Dia tidak memberitahu saya alasan keterlambatannya. Karena itu saya mengeluarkannya dari pemusatan latihan,” ujarnya.

Shin Tae-yong menjelaskan bahwa pemain yang dipanggil timnas Indonesia harus punya tanggung jawab besar.

“Sebagai pelatih timnas Indonesia, saya ingin pemain, selain kerja keras juga harus memiliki rasa tanggung jawab besar, disiplin, dan sikap yang baik,” kata pelatih asal Korea Selatan ini.

“Kalau pemain tidak bisa seperti itu, saya yakin tidak akan berkembang lebih bagus,” tutur Shin Tae-yong.

Ini bukan pertama kalinya Shin Tae-yong mencoret pemain dan memulangkannya dari pemusatan latihan.

Sudah ada sejumlah pemain yang dipulangkan Shin Tae-yong ke klubnya lantaran melakukan tindakan indisipliner.

Selain Rifad Marasabessy, Serdy Ephy Fano, Yudha Febrian, dan Nurhidayat Haji Harris juga pernah dicoret dari daftar pemain timnas Indonesia saat menjalani pemusatan latihan.

“Saya mau menegaskan kalau pemain dipanggil oleh timnas harus melakukan pengorbanan diri terhadap negara,” ujar Shin Tae-yong.

“Jadi, kalau tidak ada hati dan sikap seperti itu, tidak perlu datang ke pemusatan latihan. Tolong kerja samanya untuk mengembangkan sepak bola Indonesia.”

Sementara itu, Shin Tae-yong telah memanggil pemain Bali United, Yabes Roni Malaifani, untuk menggantikan posisi Rifad Marasabessy.

Adapun pemusatan latihan timnas Indonesia kali ini digelar sebagai persiapan menjelang laga play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 7-11 Oktober 2021 di Buriram, Thailand.