Skuad Gembos Karena Timnas Indonesia, Persebaya Surabaya Minta Penundaan Jadwal Tanding

Pada Minggu, 3 Oktober, Persebaya Surabaya akan memainkan partai pekan keenam Liga 1 2021/22, yang sekaligus menjadi partai penutup Liga 1 seri pertama. Namun, keadaan skuad dari Green Force sedang tidak bagus.

Pasalnya pemain mereka banyak yang mendapat panggilan untuk membela timnas Indonesia, untuk laga Play-off Piala Asia 2023, menghadapi China Taipei. Tentunya, Persebaya dalam posisi serbasalah karena kondisi ini.

Persebaya menegaskan komitmen mereka untuk bisa membantu timnas Indonesia. Tapi di satu sisi, terlalu banyak pemain penting dari mereka yang turut dipanggil timnas. Bagaimana pengaturan jadwal kompetisi dan timnas juga disorot Persebaya.

Pemain Bajul Ijo yang mendapat panggilan timnas Indonesia dari Shin Tae-yong antara lain Ernando Ari Sutaryadi (kiper), Rachmat Irianto (bek), Rizky Ridho, dan Ricky Kambuaya (gelandang). Keempatnya sama-sama andalan di Liga 1.

Aji Santoso cukup pening dengan hal ini, karena timnya baru saja bangkit usai mengalahkan PSS Sleman 3-1, tapi terancam kehilangan momentum jika banyak pemain absen saat menghadapi PSIS Semarang yang tengah apik musim ini.

Disebutkan bahwa bada cedera juga menerpa Persebaya saat ini, dari kiper hingga pemain. ”Lini belakang sangat krisis. Kiper utama dan dua bek kami berangkat [ke timnas indonesia],” ungkap Aji, yang juga pernah membela timnas Indonesia.

Manajemen Persebaya dan tim pelatih berharap PT Liga Indonesia Baru (LIB) bijak menyikapi hal ini. Salah satu opsi yang sangat bisa diambil, menurut Aji, adalah menunda laga Persebaya versus PSIS. ”Kenapa kami minta begitu karena Persebaya ini yang paling banyak pemainnya dipanggil timnas.”

Candra Wahyudi selaku manajer Persebaya menilai bahwa sudah semestinya jadwal timnas Indonesia tidak membuat klub merugi ketika tampil di Liga 1. Menurutnya, Persebaya sudah semestinya mendapat keringanan karena banyak pemain absen karena timnas.

”Kan jadwal pertandingan timnas itu sudah bisa diketahui jauh hari. Dari sana kan bisa diatur, misalnya jadwal Seri pertama dikurangi agar klub juga tidak kesulitan melepas pemainnya. Pemain yang dipanggil timnas juga kondisinya bisa lebih bugar,” jelasnya. “Kami sudah kirim surat resmi ke LIB. Agar ada penjadwalan ulang.