PSSI dan Kemenpora Bersiap Izinkan Penonton Datang ke Stadion, Simak Syarat-syaratnya

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hartarto, menjelaskan syarat-syarat penonton yang boleh hadir ke stadion untuk menonton pertandingan.

Kabar baik mendatangi tepat hari ini, Selasa (28/9/2021).

Baru saja, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyatakan bahwa pemerintah sudah mendorong untuk mengkaji kemungkinan menggelar liga dengan penonton.

Hal itu disampaikan Airlangga Hartarto usai mengikuti rapat koordinasi dengan PSSI dan Menpora Zainudin Amali di Jakarta, Selasa (28/9/2021).

Seperti diketahui, pelaksanaan kompetisi sepakbola Indonesia di tengah pandemi Covid-19 sudah bergulir sejak Maret lalu.

Pada kuarter pertama 2021, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru () berhasil menghelat 2021 sebagai turnamen pramusim.

Kemudian, dalam satu bulan terakhir, PSSI dan PT LIB juga sudah melaksanakan 2021/2022.

Kick-off perdana Liga 2 2021 pun sudah terlaksana pada 26 September lalu, mempertemukan Persis Solo dengan di , Solo.

Namun, seluruh kompetisi itu digelar tanpa penonton.

Kondisi pandemi Covid-19 yang sempat parah pada Juni-Juli membuat PSSI dan PT LIB tak bisa mengizinkan suporter datang ke stadion.

Setelah tingkat pandemi Covid-19 di Indonesia melandai, pemerintah tampaknya mulai membuka opsi untuk bisa menggelar liga dengan penonton.

“Jadi tadi saya sampaikan kepada Pak Menpora dan Ketua Umum PSSI, untuk dikaji mungkin dalam jumlah prototipe yang kecil,” tutur Airlangga Hartarto dalam konferensi pers, Selasa (28/9/2021).

“Tapi yang diselenggarakan sekarang masih full tanpa penonton. Nanti sambil berjalan diuji, dites, dievaluasi termasuk nanti juga mengevaluasi penyelenggaraan PON Papua.”

“Kita lihat efek ke depannya seperti apa karena Liga 2 ini bergulir sampai Desember,” katanya.

Airlangga Hartarto mengaku, Presiden Joko Widodo sebelumnya juga sudah memberi instruksi untuk mulai mempertimbangkan pemberian izin untuk suporter menghadiri kegiatan-kegiatan olahraga.

Hal itu berlaku pula dalam pelaksanaan Superbike di Sirkuit Mandalika pada medio November mendatang.

Hanya saja, ada sejumlah syarat yang mesti dipenuhi oleh para suporter untuk bisa datang ke stadion dan menonton tim kesayangannya bertanding.

Hal itu meliputi jumlah masyarakat yang sudah divaksin di area pertandingan dan syarat dua dosis vaksin yang harus sudah dipenuhi oleh penonton yang ingin datang ke stadion.

“Syarat ada penonton adalah masyarakat di sekitar tempat dilaksanakannnya kegiatan, dosis pertama 70%, suntikan kedua tentu ditingkatkan.”

“Tetapi yang nonton syaratnya sudah disuntik dua kali. Tinggal nantinya kita menjaga keamanan ring dari pada pertandingan.”

“Karena menjaga ring dari pertandingan ini menjadi tantangan tersendiri dari segi keamanan dan kesehatan,” tukasnya.

Berita Terkait