Prediksi Persipura vs Arema FC: Duel Nama Besar di Papan Bawah

Pekan kelima BRI Liga 1 2021/2022 mempertemukan melawan Arema FC di Stadion Madya, Senayan, Rabu (29/09/2021). Laga ini bisa jadi batu loncatan masing-masing klub untuk memperbaiki posisi di klasemen sementara.

Menuju laga ini, kedua tim memang terdampar di papan bawah. Persipura baru memiliki empat poin, sedangkan Arema tiga poin. Jika berhasil memetik kemenangan, ada peluang untuk masuk 10 besar atau setidaknya menjauh dari zona degradasi.

Jika melihat kondisi tim, Persipura saat ini lebih baik. Setelah menelan dua kekalahan beruntun di awal, mereka mengumpulkan empat poin dalam dua laga terakhir. Jadi, ada peningkatan kepercayaan diri bagi dkk.

Sedangkan Arema masih terpuruk. Mereka hanya memetik tiga hasil imbang dan sekali kalah. Tekanan dari Aremania juga jadi beban tersendiri bagi pelatih dan pemain tim berjuluk Singo Edan ini.

Meski secara mental, pemain Persipura lebih unggul, sang pelatih Jacksen Tiago tak ingin memandang Arema dengan sebelah mata. Dia melihat timnya juga masih belum sempurna. Karena ada beberapa hal yang harus dibenahi untuk meraih hasil maksimal melawan Singo Edan.

“Lini serang kami juga masih ada masalah. Jelas butuh ketenangan. Tujuannya agar setiap peluang bisa dimaksimalkan. Kami harap ke depan tim ini lebih baik,” kata mantan pelatih Barito Putera ini.

Persipura sendiri justru tampil apik ketika mereka turun dengan 100 persen pemain lokal. Empat poin bisa diraih dalam dua laga saat striker Yevhen Bokhashvili tidak bermain.

Padahal dua laga awal, hanya pemain asal Ukraina itu satu-satunya pemain asing yang diturunkan Persipura. Sedangkan Takuya Matsunaga dan Henrique Motta masih berkutat dengan cedera.

Sementara Arema, persoalannya hampir sama dengan Persipura. Lini depan mereka terlalu banyak membuang peluang. Itu faktor utama mereka belum bisa menang sampai pekan keempat.

Pelatih sempat kehabisan akal mengatasi persoalan ini. Karena dalam sesi latihan, materi penyelesaian akhir sudah diberikan setiap waktu. Dia berharap saat lawan Persipura, hasil dari evaluasi empat laga sebelumnya bisa berjalan sesuai ekspektasi.

“Tentu kami ingin memetik kemenangan. Persipura memang tim bagus dengan beberapa pemain muda. Teknik bagus dan cepat. Tapi kami akan coba mengeksplorasi kelemahannya untuk dapat hasil yang bagus,” tegas pelatih asal Portugal ini.

Jika di laga ini insting gol pemain Arema kembali, tentu jadi warning bagi Persipura. Karena gawang mereka bisa kemasukan banyak gol. Karena modal semangat juang tinggi sudah dimiliki Kushedya Hari Yudo dan kawan-kawan.

Mereka dipastikan tak keder jika adu cepat dengan pemain Persipura. “Persipura selalu punya pemain yang cepat. Tapi kami siap,” jelas striker Arema, Kushedya Hari Yudo.

Dari empat laga yang sudah dijalani, pemain Arema punya daya juang tinggi hingga menit akhir. Persoalannya bukan mental yang down, tapi penyelesaian akhir yang lemah.

Selama ini, Arema paling banyak hanya mencetak satu gol di satu pertandingan. Padahal peluang yang didapat lebih dari lima. Namun Persipura harus waspada jika insting gol pemain depan Arema sudah kembali.

Perkiraan Susunan Pemain

Persipura Jayapura (4-3-3): (Kiper); Donny Monim, , Israel Wamiau, Irsan Lestaluhu (Belakang); Tahir, , Todd Rivaldo Ferre (Tengah); Ricky Kayame, Yevhen Bokhasvili, Yohanes Pahabol (Depan).

Pelatih: Jacksen Tiago

Arema FC (4-3-1-2): (Kiper); Rizky Dwi, Sergio Silva, Bagas Adi, Ahmad Alfarizi (Belakang); , Renshi Yamaguchi, Dendi Santoso; Carlos Fortes (Tengah); , Kushedya Hari Yudo (Depan).

Pelatih: Eduardo Almeida.

Berita Terkait