Menang Leg Pertama, Timnas Wanita Indonesia Masih Punya Kelemahan

Timnas wanita Indonesia berhasil meraih kemenangan pada leg perdana melawan Singapura, pada laga kualifikasi Grup C Piala Asia Wanita 2022. Garuda Pertiwi menang satu gol tanpa balas di Stadion Republican Central, Dushanbe, Jumat (24/9).

Gol kemenangan timnas wanita Indonesia, diukir Baiq Amiatun pada menit keempat Berawal dari sepak pojok Viny Silfianus, ia menyundul bola yang tak bisa dihalau kiper Noor Kusumawati Rosman.

Kemenangan tesebut menjadi modal penting timnas wanita Indonesia. Pada leg kedua, mereka tinggal meraih hasil imbang untuk memastikan diri melaku ke putaran final Piala Asia Wanita yang digelar di India, tahun depan.

Meski, menang pelatih timnas wanita Indonesia Rudy Eka Priambada menyebut anak asuhnya masih mempunyai kelemahan. Oleh karena itu, di sisa waktu yang ada, ia bakal memperbaikinya.

“Alhamdulillah pertandingan pertama atau leg pertama kita bisa menang, tetapi perlu kita perbaiki lagi penyelesaian akhir karena kurang dimaksimalkan,” kata Rudy, dikutip laman resmi PSSI.

“Pada dasarnya ada beberapa poin yang harus diperbaiki seperti momen ketika kehilangan bola dan momen ketika kita harus melakukan tekanan kepada lawan. Fokus kita mengantisipasi serangan balik dari Singapura di leg kedua nanti,” Rudy menambahkan.

Sementara Baiq, menyambut positif kemenangan tersebut. Akan tetapi, ia mengingatkan rekan setimnya tidak jemawa, karena masih ada pertandingan di leg kedua.

“Alhamdulillah kita dapat kemenangan, ini semua berkat kerja keras dari tim. Semoga leg kedua nanti bisa memberikan hasil yang lebih baik lagi,” ujar Baiq.

Terakhir kali timnas wanita Indonesia tampil di Piala Asai Wanita, pada 1989. Setelah itu, mereka tidak pernah lagi tampil di ajang sepakbola wanita paling bergengsi di Benua Kuning tersebut.