Tertarik Jadi Tuan Rumah Piala AFF 2020, PSSI Masih Negosiasi dan Tunggu Proposal dari AFF

Federasi Sepak Bola Asia Tenggara () masih mencari penyelenggara untuk 2020. mengisyaratkan tertarik untuk maju dalam bursa pencalonan tuan rumah turnamen dua tahunan tersebut.

“Kami masih dalam proses negosiasi lisan dengan AFF terkait kemungkinan untuk menjadi tuan rumah ,” kata Sekjen PSSI, kepada Bola.com, Jumat (23/9/2021).

“Kami juga masih menunggu proposal dari AFF tentang hak dan kewajiban sebagai tuan rumah Piala AFF 2020,” jelas Yunus Nusi.

AFF akan menggelar Piala AFF 2020 dengan format home tournament dengan sentralisasi di satu negara, bukan kandang dan tandang seperti edisi sebelumnya.

Pandemi COVID-19 membuat AFF terpaksa mengubah sistem turnamen. Sejauh ini, dua negara yaitu Thailand dan Kamboja, telah terang-terangan berminat untuk menjadi tuan rumah Piala AFF 2020.

“AFF telah mengambil keputusan untuk menggelar Piala AFF 2020 di tempat yang terpusat ketimbang kandang dan tandang,” tulis AFF dalam lamannya.

“AFF saat ini sedang dalam tahap akhir pemilihan tuan rumah untuk Piala AFF 2020 dan akan memberi tahu kelanjutannya dalam beberapa pekan ke depan,” lanjut pernyataan AFF tersebut.

Presiden AFF, , menyatakan pihaknya memprioritaskan keselamatan dan kesehatan para peserta dengan menerapkan format sentralisasi Piala AFF 2020.

Setelah tertunda selama setahun, Piala AFF 2020 akan digelar pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022 dengan total sepuluh peserta yang dibagi ke dalam dua grup.

“Kami sekarang sedang berkoordinasi dengan asoasiasi anggota yang telah menawarkan diri menjadi tuan rumah untuk mengonfirmasi rencana operasional yang aman dan terjamin nantinya,” tutur Khiev Sameth.

“Kami akan melakukan yang kami bisa, bekerja dengan otoritas terkait untuk memastikan keselamatan semua peserta dan ini memberi kami manfaat yang baik ketika turnamen dimulai pada Desember 2021,” jelasnya.

Berita Terkait