Pelatih Malaysia Anggap Duel Melawan Indonesia Bisa Menentukan

Pelatih berharap pertandingan terakhir Grup B Piala 2020 tidak menjadi duel hidup-mati bagi anak asuhnya, dan menganggap dua laga pertama sangat penting.

Malaysia terlebih dulu menghadapi Kamboja pada 6 Desember, dan tiga hari kemudian bertemu Laos. Selepas itu, Malaysia melakoni dua pertarungan sengit, yakni melawan pada 12 Desember, dan meladeni di laga selang tujuh hari kemudian.

Cheng Hoe menginginkan tim besutannya bisa melalui rintangan pertama. Cheng Hoe masih terkenang dengan laga pertama Malaysia di 2018. Kala itu, Malaysia harus berjuang mati-matian untuk memetik kemenangan tipis 1-0 atas Kamboja.

Menurut Cheng Hoe, pertandingan melawan Kamboja dan Laos menjadi perhatian utama, karena wajib dimenangi bila mereka ingin mendapatkan tiket ke semi-final. Sebab, dua lawan berikutnya tidak akan mudah.

“Kalau melihat jadwal turnamen di mana pun, paling penting adalah mendapatkan hasil positif di pertandingan pertama untuk mendapatkan kepercayaan diri dan motivasi,” ujar Cheng Hoe diwartakan laman Metro.

“Kami juga tidak bisa meremehkan kedua tim ini (Kamboja dan Laos). Kami sudah pernah bertemu mereka sebelumnya, dan kami kesulitan untuk meraih kemenangan.”

“Fokus utama untuk mendapatkan hasil positif dan persiapan tim. Pertandingan ketiga adalah Vietnam, dan itu akan lebih sulit. Kami akan menganalisis setiap lawan kami, termasuk Indonesia, yang mungkin menjadi penentu untuk maju ke tahap berikutnya.”

Malaysia akan memanfaatkan kalender pada awal bulan depan sebagai persiapan menghadapi Piala AFF. Malaysia dijadwalkan melakoni dua pertandingan uji coba melawan Yordania pada 6 Oktober, dan tiga hari kemudian berjumpa Uzbekistan.

Cheng Hoe telah memanggil 24 pemain untuk uji coba tersebut. Menurut Cheng Hoe, melawan tim yang memiliki peringkat FIFA lebih baik dibandingkan Malaysia sangat bagus untuk anak asuhnya.

“Ini adalah waktu terbaik bagi untuk bertemu lawan yang berada di peringkat lebih baik. Terpenting adalah setiap pemain memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk menghadapi pertandingan ini,” kata Cheng Hoe dikutip laman Stadium Astro.

Berita Terkait