Pelatih Laos Lebih Waspadai Vietnam & Malaysia, Bukan Indonesia

Pelatih Laos lebih mewaspadai dan dalam pertandingan Grup B 2020, dan menegaskan tim besutannya tak ingin menjadi penggembira di turnamen ini.

Pada penyelenggaraan 2018, Laos melalui empat laga Grup A tanpa poin. Mereka digasak Vietnam 3-0, dan selanjutnya dibekap Malaysia 3-1 sebelum akhirnya ditekuk Kamboja juga dengan skor 3-1.

Selvaraj mengatakan, Piala selalu menjadi turnamen yang sulit, karena setiap negara mempertaruhkan gengsi mereka di ajang ini. Meski dianggap sebagai anak bawang, Selvaraj tak ingin menjadi bulan-bulannya Vietnam, Malaysia, dan Kamboja.

“Ini selalu menjadi turnamen yang berat buat kami. telah menunjukkan, dan kali ini juga tidak jauh berbeda. Tapi Laos siap mengarunginya dan menghadapi tantangan,” ujar pelatih asal Singapura itu dilansir laman resmi federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF).

“Saya merasa senang dengan apa pun yang akan terjadi, karena itu memberikan kesempatan kepada pemain saya untuk bermain dengan kemampuan terbaik mereka, dan membuat mereka menghadapi ujian.”

“Tidak perlu diragukan lagi Malaysia dan Vietnam akan menjadi fokus utama kami. Namun tim lain tidak bisa dianggap ringan. Kami harus berhati-hati, dan melakukan persiapan dengan baik. Kami sudah siap menghadapi semua tantangan.”

Sementara pelatih Kamboja Ryu Hirose mengakui tidak mudah menghadapi empat tim di Grup B yang disebut-sebut sebagai Neraka. Namun itu menjadi tantangan tersendiri bagi anak asuhnya.

“Itu yang membuat kami harus bisa melakukan persiapan semaksimal mungkin. Ini menjadi kesempatan yang bagus untuk mengukur perkembangan kami agar bisa meladeni tim seperti Vietnam yang perkembangan sepakbolanya sangat pesat,” ucap Hirose.

“Saya memberikan apresiasi kepada AFF, sponsor, FFC (federasi sepakbola Kamboja) yang telah memberikan dukungan, serta berupaya menggelar Piala AFF di tengah situasi sulit akibat pandemi.”

Hingga saat ini AFF belum menentukan tuan rumah turnamen yang digelar secara terpusat itu mulai 5 Desember hingga Januari 2022. AFF akan memberikan kabar tentang venue dalam waktu dekat.

Berita Terkait