COVID-19 Paksa Piala AFF 2020 Jadi ‘Home Tournament’

Federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF) kini sudah mulai masuk tahap finalisasi penentuan tuan rumah turnamen yang berlangsung pada 5 Desember hingga 1 Januari 2022.

Awalnya Piala AFF 2020 akan menerapkan format kandang dan tandang di penyisihan grup. Namun pandemi COVID-19 yang belum melandai di sejumlah negara Asia Tenggara memaksa mereka membatalkan format tersebut.

AFF meyakini pemilihan tuan rumah tunggal menjadi salah satu cara untuk mengurangi penyebaran COVID-19. Mereka kini menjalin komunikasi dengan beberapa negara yang menjadi bidikan untuk menggelar turnamen sepakbola dua tahunan se-Asia Tenggara itu.

“Keselamatan semua orang yang terlibat di event ini menjadi prioritas utama kami,” ujar presiden AFF Mayjen dikutip laman resmi organisasi.

“Kami sekarang sedang bekerja sama dengan anggota yang sudah ditawari mejadi tuan rumah secara terpusat untuk mengonfirmasi rencana operasional yang aman dan terjamin di salah satu negara.”

“Kami akan melakukan semua yang kami bisa, bekerja dengan semua otoritas terkait untuk memastikan keselamatan semua peserta, dan ini akan memberi kami manfaat yang baik ketika turnamen tiba di bulan Desember. Kami sedang mengerjakannya, dan akan memberikan informasi lebih lanjut tentang tuan rumah sesegera mungkin.”

Berdasarkan hasil drawing, Grup A berisikan juara lima kali Thailand, Myanmar, , Singapura, serta pemenang pertandingan play-off antara Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Sedangkan masuk ke dalam Grup B bersama juara bertahan , , Kamboja, dan Laos.

“Ini akan menarik untuk menyaksikan bagaimana tim-tim itu menjalani grup masing-masing, serta melihat rivalitas di turnamen sepakbola paling bergengsi di ASEAN ini,” kata wakil presiden AFF Dato’ Sri Francisco Kalbuadi Lay.

Sementara direktur pengelola SPORTFIVE Asia Tenggara Malcolm Thorpe mendukung setiap kebijakan AFF terkait format turnamen. Thorpe tidak mempermasalahkan bila format kandang-tandang urung digunakan pada penyelenggaraan kali ini.

“Kami sepenuhnya mendukung keputusan AFF untuk menggelar Piala AFF secara terpusat. Kesehatan dan keselamatan semua orang yang terlibat dalam kegiatan ini sangat penting, dan kami sangat menghargai upaya yang dilakukan oleh AFF,” ucap Thorpe.

Berita Terkait