Tujuh Pemain Masih di Luar Negeri, Shin Tae-yong Pastikan Akan Panggil Egy Maulana Vikri Cs ke Timnas Indonesia

Pelatih timnas Indonesia, , memastikan jika para pemain di luar negeri akan dipanggil ke timnas Indonesia.

Timnas Indonesia telah memulai pemusatan latihan sebagai persiapan jelang play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sebelumnya, pada Sabtu (18/9/2021), PSSI telah mengumumkan 36 pemain yang dipanggil dalam pemusatan latihan timnas Indonesia.

Menurut pemberitaan di laman resmi PSSI, para pemain ini merupakan pilihan dari Shin Tae-yong sendiri.

Memang, sejak keluar dari karantina mandiri pada 26 Agustus 2021, Shin Tae-yong rajin datang ke pertandingan-pertandingan untuk memantau pemain.

Hasilnya, dia mendapatkan 36 nama yang akan diseleksi kembali sebelum tampil di play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 kontra Taiwan pada Oktober mendatang.

Hanya saja, pilihan Shin Tae-yong kali ini mengundang banyak tanya.

Salah satunya dari pelatih , Paul Munster yang mempertanyakan pemanggilan Darmono dan Adam Alis.

Paul Munster berpendapat, dan Adam Alis kurang pantas dipanggil ke timnas Indonesia lantaran masih memiliki menit bermain yang minim di Liga 1 2021 dibanding pemain lain.

“Jadi pemain yang dipanggil itu adalah Evan (Dimas) dan Adam (Alis). Dan yang membuat saya bingung adalah dalam tiga pertandingan terakhir, bisa dibilang mereka berdua bukanlah pemain starting di dalam tim dan mereka juga dalam pemulihan,” kata Paul Munster, Sabtu (11/9/2021).

“Jadi bingung kenapa dua pemain yang dengan kondisi seperti itu masih dipanggil timnas,” tutur Paul Munster.

Menanggapi pertanyaan itu, Shin Tae-yong memberikan jawabannya lewat unggahan di akun Instagram pribadinya, Senin (20/9/2021).

Shin Tae-yong menyampaikan, pihaknya telah memantau para pemain di Indonesia sejak gelaran Piala Menpora 2021 April lalu.

Karena hal itulah, Shin Tae-yong percaya jika para pemainnya dipilih berdasarkan alasan yang rasional.

“Terima kasih atas pertanyaan Coach Paul Munster. Mungkin saja Coach Paul bisa berpikir mengapa Evan dan Adam yang dipilih sebagai pemain Tim Nasional,” tulis Shin Tae-yong di Instagram-nya seperti dikutip Bolasport.com.

“Tetapi pemain-pemain tersebut sudah pernah gabung saat pertandingan di Dubai, jadi saya ingin melihat langsung dan cek kondisi pemain,” tulis Shin Tae-yong.

“Kami, coaching staff sudah memantau para pemain semenjak Piala Menpora dan liga sampai weeks-3.”

“Dengan adanya 2 event yang kami ikuti, yaitu play-off (Kualifikasi Piala Asia 2023) dan AFC U-23 maka kami memilih pemain untuk mempersiapkan ke-2 event tersebut termasuk mengikutsertakan pemain berusia U-23,” tulisnya lagi.

Di satu sisi, Shin Tae-yong pun memastikan jika dirinya masih akan memanggil para pemain yang berada di luar negeri.

Memang, dalam daftar 36 pemain yang dipanggil saat ini, Shin Tae-yong belum memasukkan tujuh pemain yang berkarier di luar negeri.

Mereka adalah Egy Maulana Vikri (FK Senica), (Lechia Gdansk), Bagus Kahfi (), Mangkualam ( FC), Syahrian Abimanyu (Johor Darul Takzim), (Penang FC), dan Saddil Ramdani (Sabah FC).

“Pemain yang terpilih saat ini bukan juga pemain yang akan bertanding lawan Taiwan, karena masih ada pemain abroad yang bergabung,” tulis Shin Tae-yong.

“Sekali lagi terima kasih kepada coach Paul atas pertanyaan dan masukannya. Juga saya sangat memahami posisi pelatih klub,” tandasnya.

Berita Terkait