Persib Bandung Hanya Izinkan Aqil Savik Berlama-Lama Di TC Timnas Indonesia

Pelatih Persib Bandung hanya mengizinkan penjaga gawang Aqil Savik bergabung lebih lama di pemusatan latihan (TC) timnas dibandingkan empat pemain lainnya.

Persib menyumbang lima pemain dalam TC sebagai persiapan menghadapi Cina Taipei di play-off babak ketiga pada Oktober. Selain Aqil, pemain lain yang dipanggil adalah bek kanan Bayu Fiqri, stoper Victor Igbonefo, winger Febri Hariyadi, serta striker .

TC ini sudah dimulai sejak kemarin. Namun program TC tersebut berbenturan dengan agenda klub di pada bulan ini hingga awal Oktober. Persib akan menghadapi Borneo FC, Kamis (23/9), dan empat hari kemudian bentrok dengan TIRA Persikabo.

Robert Alberts mengungkapkan, direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) telah berbicara dengan PSSI terkait situasi yang dihadapi Pangeran Biru, dan telah terjadi kesepakatan.

Juru taktik asal Belanda itu menambahkan, kesepakatan itu berdasarkan salah satu regulasi di Liga 1 musim ini perihal penggunaan sejumlah pemain yang mendapat panggilan tim masional.

“Kami sudah sepakat dengan PSSI. Setelah pertandingan di tanggal 23 (September), keesokan harinya yaitu tanggal 24, pemain bisa bergabung dengan timnas selama satu hari,” ungkap Robert Alberts dikutip laman resmi klub.

“Setelah itu, pemain akan kembali menjalani persiapan bersama kami untuk menghadapi pertandingan di tanggal 27.”

“PSSI dengan jelas mengatakan, jika ada empat pemain atau lebih dari sebuah klub dipanggil oleh timnas, klub tidak perlu melepas pemain tersebut tiga hari sebelum klub bertanding. Jadi, mereka masih bersama kami untuk melakukan persiapan.”

Kebijakan berbeda diterapkan untuk Aqil. Menurut Robert Alberts, Persib sudah mempunyai stok yang cukup di posisi penjaga gawang, karena masih ada I Made Wirawan, , dan M Natshir Mahbuby.

“Empat outfield players kami semuanya dibutuhkan. Kalau Aqil berbeda. Kami mempersilakan Aqil untuk bergabung dengan Timnas jika mereka membutuhkannya karena di sektor penjaga gawang, kami memiliki kedalaman yang cukup baik,” imbuh Robert Alberts.

Berita Terkait