Segera Digelar, Elite Pro Academy Liga 1 U-16 Bakal jadi Seleksi Garuda Select IV

Siap-siap! Kompetisi Elite Pro Academy () Liga 1 U-16 akan segera digelar untuk musim 2021. Ajang ini juga akan menjadi seleksi program Garuda Select IV.

Elite Pro Academy (EPA) adalah kompetisi sepak bola kelompok umur yang diikuti oleh klub sepak bola Liga 1. Banyak pemain EPA yang juga langsung promosi ke tim senior.

Sementara itu, Program Garuda Select ialah program pembinaan pemain sepak bola usia muda di Eropa, dilatih oleh dua eks Inggris, Dennis Wise dan Des Walker.

Sejak pertama kali digelar pada tahun 2018 lalu, Garuda Select sudah melahirkan banyak pemain muda berkualitas yang bisa bersaing di level nasional hingga internasional.

Sebut saja Bagus Kahfi yang kini membela Jong Utrecht di Belanda, dan David Maulana serta yang direkrut oleh untuk main di liga tertinggi Kroasia.

Kini, memasuki kuarter terakhir tahun 2021, Garuda Select akan menggelar seleksi untuk angkatan keempat, di mana para pemain terpilih akan berlatih dan uji coba di Inggris.

Adapun seleksi pemain Garuda Select akan digelar seiring dengan hadirnya kompetisi U-16 2021, yang akan dilangsungkan dalam waktu dekat.

Hal ini disampaikan oleh manajer klub Liga 1 PS , , yang juga menjabat sebagai instruktur kepelatihan PSSI, dan membidangi kelompok usia muda.

“Nah, ini kan kompetisi EPA mau dijalankan. Kompetisi itu menjadi seleksi buat pemain Garuda Select, seleksi tim nasional juga,” ucap Mundari Karya kepada INDOSPORT.

“Tahun ini mau dirancang, mudah-mudahan bisa jalan Elite Pro Academy, karena dari situ nanti Garuda Select akan merekrut pemain pemain untuk dikirim ke Inggris,” lanjutnya.

Hal ini dibenarkan oleh perwakilan Mola TV selaku sponsor Garuda Select, Mirwan Suwarso, yang menyatakan pihaknya akan mulai seleksi pemain saat EPA U-16 digelar.

“Kami menyesuaikan jadwal liga saja. Kalau sudah oke, nanti tim scouting akan datang melakukan seleksi untuk musim keempat,” ungkap Mirwan Suwarso kepada media.

Biasanya, dalam melakukan seleksi, Dennis Wise dan Des Walker akan datang langsung ke Indonesia, dan membawa sejumlah talent scouting untuk menemukan pemain terbaik.

Jika tak ada perubahan, pemain yang lolos seleksi Garuda Select IV akan berangkat ke Inggris pada akhir tahun 2021, dan bakal menjalani tur Eropa ke Jerman dan Italia.

Berita Terkait