Barito Putera Punya 3 Pelatih Lisensi AFC Pro, Mundari: Kami Taat Regulasi

merupakan satu-satunya klub yang memiliki tiga pelatih berlisensi Pro. Di sisi lain, ada sejumlah klub yang belum memenuhi syarat.

Ya, regulasi Club Licensing Liga 1 resmi ditetapkan pada Juni lalu, dengan rincian pelatih kepala, asisten pelatih, dan direktur teknik harus mengantongi lisensi AFC Pro.

Barito Putera menjadi satu-satunya tim yang mampu memenuhi hal ini. Pelatih Djajang Nurdjaman dan asistennya, Yunan Helmi, sudah meraih lisensi AFC Pro.

Demikian pula dengan manajer Barito Putera, , saat ini sudah memegang lisensi AFC Pro. Dia juga menjabat sebagai instruktur kepelatihan di .

Di sisi lain, ada sejumlah klub Liga 1 yang tak bisa memenuhi regulasi ini. , misalnya, dilatih oleh , yang masih mengantongi lisensi A AFC.

Demikian pula PSIS Semarang yang belum menentukan pelatih kepala, dan digantikan oleh asisten pelatih, yang notabene masih mengantongi lisensi A AFC.

Bahkan, salah satu klub unggulan yang telah menjuarai Liga 1 2019, , kini masih mengandalkan Stefano Cugurra, yang status lisensinya masih berstandar A AFC.

Manajer Barito Putera, Mundari Karya berharap timnya bisa menjadi percontohan, sebagai tim yang taat regulasi dan berkiblat ke AFC.

“Barito Putera sangat taat kepada regulasi dan peraturan, apalagi kalau sudah berbicara mengenai club licensing. Kami ingin menjadi klub yang teratur, sesuai dengan tuntutan AFC,” ucap Mundari Karya kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Meski hal ini tak berbanding lurus dengan prestasi Barito Putera yang sudah dua kali kalah di dua laga perdana Liga 1 2021-2022, tapi Mundari Karya mengaku lega saat administrasi lengkap.

“Tapi sekali lagi, bukan berarti kalau sudah memenuhi semua regulasi, prestasinya bagus. Tapi minimal sudah ada. Semua orang bisa melatih, kayak naik motor, semua bisa, tapi kan harus punya SIM,” pungkasnya.

Ketika administrasi sudah lengkap, kini skuat Barito Putera semakin termotivasi untuk bisa meraih poin di pekan ketiga Liga 1 2021-2022, menghadapi Borneo FC pada Jumat (17/9/21).

Berita Terkait