5 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Mengejutkan 2 Klub Jawa Timur, Persela dan Persik

Pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022 menghadirkan kejutan yang diciptakan dua klub Jawa Timur, Persela Lamongan dan Persik Kediri.

Pada pertandingan yang berlangsung Jumat (10/9/2021), mereka berhasil menang atas lawannya masing-masing. Laskar Joko Tingkir, julukan Persela, berhasil menumbangkan tim kuat Persipura Jayapura.

Satu gol yang dilesakkan Ivan Carlos gagal dibalas Persipura Jayapura hingga akhir laga. Padahal, Birrul Walidain dkk harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-37. Akbar Hermawan mendapat kartu kuning keduanya setelah dianggap melakukan pelanggaran berbahaya kepada Irsan Lestaluhu.

Sementara itu di pertandingan lain, Persik Kediri berhasil menumbangkan pemuncak klasemen sementara Borneo FC. Skor tipis juga mewarnai kemenangan Macan Putih, julukan Persik Kediri.

Tampil tanpa Jonathan Bustos, serangan Borneo FC terlihat kurang menggigit. Ady Eko Jayanto akhirnya memanfaatkan kelengahan barisan belakang Pesut Etam, julukan Borneo FC pada 10 menit terakhir waktu normal.

Dua kemenangan yang diperoleh klub Jatim ini rupanya menghadirkan sejumlah fakta menarik. Dilansir dari Statoskop, berikut deretan fakta menarik yang berhasil tercipta di pertandingan BRI Liga 1 kemarin.

1. Persela Tunda Samai Rekor Kekalahan

Persela Lamongan sebenarnya berjarak satu kekalahan saja dari rekor kekalahan terbanyak Liga 1. Saat ini, rekor tersebut masih dipegang Badak Lampung (sebelumnya Perseru Serui) yang menelan 48 kekalahan.

Tetapi kemenangan atas Persipura Jayapura menunda Laskar Joko Tingkir, julukan Persela, menyamai rekor tersebut. Setidaknya mereka tak perlu buru-buru menyamai pencapaian tak mengesankan tersebut.

Selanjutnya, Persela bakal menghadapi Persita Tangerang, Jumat (17/9) sore WIB. Apakah Persela Lamongan bisa kembali menahan bayangan rekor buruk tersebut?

2. Persik Pecah Telor

Sebelum pertandingan kontra Borneo FC, Persik Kediri menjadi satu-satunya tim yang belum pernah mengemas kemenangan di Liga 1.

Dalam empat laga sebelumnya mereka menelan dua kekalahan dan dua hasil imbang. Mereka tertinggal dari dua klub promosi lainnya, Persiraja Banda Aceh dan Persita Tangerang, yang telah lebih dulu mengemas kemenangan.

Tetapi hasil minor tersebut akhirnya patah di pertandingan semalam. Gol tunggal Adi Jayanto ke gawang Angga Saputro sudah cukup memberikan kemenangan perdana bagi Macan Putih, julukan Persik Kediri.

Selain itu, ini juga kali pertama anak asuh Joko Susilo tersebut mengemas clean sheet di Liga 1.

3. Mario Gomez Sulit Taklukkan Joko Susilo

Pelatih Borneo FC, Mario Gomez, bisa dibilang merupakan salah satu yang disegani di Liga 1. Kehebatannya membawa Persib Bandung menjadi juara paruh musim Liga 1 2018, masih terngiang di benak pecinta sepak bola Tanah Air.

Namun, Joko Susilo membuktikan bila dirinya merupakan salah salah satu pelatih yang selalu menyulitkannya. Termasuk di laga semalam, Joko Susilo sementara unggul dengan satu kemenangan dan satu hasil imbang.

Kekalahan ini merupakan yang ke-20 bagi pelatih asal Argentina itu di Liga 1. Dalam 73 pertandingan, Mario Gomez berhasil memenangkan 28 laga dan mendapat 25 hasil imbang.

4. Ivan Carlos Butuh 46 Purnama Cetak Gol Lagi bagi Persela

Ivan Carlos akhirnya kembali mencetak gol bagi Persela Lamongan. Hanya perlu 12 menit dalam debut ulangnya untuk kembali berkontribusi kepada tim asal Kota Soto tersebut. Menerima umpan terobosan Malik Risaldi, Ivan Carlos berhasil lepas dari penjagaan Ricardo Salampessy dan Donny Monim.

Tembakan kaki kirinya dari dalam kotak penalti tak mampu dijangkau kiper Fitrul Dwi Rustapa. Bagi pemain berkepala plontos itu, ini merupakan golnya bagi Persela Lamongan setelah 46 purnama.

Lebih tepatnya berjarak 3 tahun, 10 bulan, dan 22 hari dari gol terakhirnya ke gawang Borneo FC pada Liga 1 2017 lalu.

5. Rekor Cleansheet Dwi Kuswanto

Walau namanya jarang terekspos, Dwi Kuswanto nyatanya merupakan salah satu kiper terbaik di Indonesia untuk saat ini. Catatan cleansheetnya di Liga 1 bahkan menembus jajaran 10 besar.

Tambahan satu cleansheet yang ditorehkannya memastikan penjaga gawang Persela asal Sidoarjo itu mencatatkan cleansheet ke-21 di Liga 1.

Dwi Kuswanto naik ke peringkat ke-8 dalam daftar ini menggeser kiper Barito Putera, Aditya Harlan.

Sementara itu, penguasa cleasheet Liga 1 masih dipegang oleh Wawan Hendrawan. Kiper Bali United itu mengemas 33 cleansheet dari 82 laga yang telah dijalani. (bola.com)