Potensial di Persipura, Ramai Melvin Rumakiek Punya Modal 90 Menit yang Bagus

kini punya pemain muda yang langsung memperlihatkan kualitasnya sejak pertandingan pertama BRI 2021/2022 bernama Ramai Melvin Rumakiek. Pemain berusia 19 tahun itu masih punya masa depan yang panjang, tapi sudah memastikan memiliki modal 90 menit yang bagus ketika menghadapi Tangerang pada laga pekan pertama kompetisi musim ini.

Ramai Melvin Rumakiek mencuat namanya setelah mencetak gol untuk Persipura Jayapura saat kalah 1-2 dari Persita Tangerang di Cibinong, Sabtu (28/8/2021). Ramai Rumakiek menanduk bola hasil umpan silang di depan gawang Persita.

Lompatannya yang tinggi membuat pemain bertahan Persita tak kuasa menghalau pergerakan Ramai Rumakiek. Meski Persipura Jayapura pada akhirnya kalah, penampilan Ramai Rumakiek menjadi sesuatu yang istimewa.

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago, mengakui potensi yang dimiliki Ramai Rumakiek. Namun, pelatih asal Brasil itu juga mengakui butuhnya pengawalan terhadap pemain-pemain muda seperti Ramai Rumakiek agar tidak salah jalan dan akhirnya gagal membangun karier ke depan.

“Ramai ini adalah seorang anak muda yang tentunya masih labil secara emosional. Usianya baru 18 tahun dan kami perlu hati-hati untuk menjaganya. Saya tidak bisa bicara apakah dia akan menjadi pemain muda terbaik nantinya, karena semua akan kembali dan tegantung kepada dirinya sendiri,” tegas Jacksen Tiago dalam wawancara virtual, Senin (6/9/2021).

“Kalau ke depan dia tetap rendah hati dan mendengarkan apa yang disampaikan oleh tim pelatih kepadanya, saya yakin dia bisa menjadi pemain yang luar biasa hebat. Bahkan menurut saya dia punya kemampuan yang melebihi ,” lanjut pelatih Persipura Jayapura asal Brasil itu.

Tanpa bermaksud membandingkan antara dua pemain muda yang ada di timnya, Jacksen Tiago menegaskan bahwa Todd Ferre kini sudah dalam perjalanan membangun karier, sementara Ramai Rumakiek baru saja memulainya.

Dengan pengalaman Todd yang bahkan sudah menjajal bermain di kompetisi Thailand, tentu bukan hal tepat untuk membandingkan kedua pemain. Namun, dengan penampilan pertama yang bagus saat Persipura Jayapura menghadapi Persita, bukan tidak mungkin Ramai akan menjadi jauh lebih baik ke depannya.

“Todd Ferre sudah mendapatkan pengalaman yang dia perlukan, sementara Ramai baru mendapatkan 90 menit bermain yang bagus. Saya tidak berani menjamin dia akan menjadi pemain muda terbaik musim ini, karena dia masih labil dan banyak godaan yang harus dihadapinya. Perlu dikawal terus,” tegasnya.

Melihat komposisi tim Persipura Jayapura di BRI Liga 1 2021/2022, bisa dikatakan bahwa tim Mutiara Hitam punya begitu banyak pemain yang baru pertama kali merasakan atmosfer pertandingan kasta tertinggi sepak bola , termasuk tentunya Ramai Rumakiek.

Namun, Jacksen Tiago tidak menganggap itu sebagai sebuah masalah besar. Menurutnya, sudah menjadi risiko bagi dirinya sebagai pelatih untuk bisa memaksimalkan pemain yang dimilikinya dan menggali potensi yang ada.

“Itu tugas saya sebagai pelatih. Seperti yang saya lakukan dengan Ramai, kami bicara hati ke hati. Saya juga selalu bicara dengan mereka,” ujar Jacksen.

“Satu hal, mereka masuk ke seleksi di masa pandemi, di mana kami tidak bisa terus memantau mereka. Bukan sebuah kebetulan, tapi ini sudah diatur oleh Tuhan. Jadi mereka tinggal memanfaatkan momentum ini untuk bisa lebih baik.”

“Mereka harus membiasakan diri untuk berjuang maksimal di lapangan. Semua pemain terbaik pun melakukannya, siapa pun, termasuk , Cristiano Ronaldo, bahkan Kobe Bryant di basket. Semua pemain besar juga melakukannya dan tugas saya sebagai pelatih adalah mengawal itu semua,” lanjutnya.

Berita Terkait