Lisensi Bermasalah, Persib Bandung Ganti Pelatih Kiper

Banyak hal tak biasa pada kompetisi Liga 1 musim ini, dalam hal status ofisial yang terpampang di daftar susunan pemain pertandingan pekan pertama. Salah satunya, posisi Luizinho Passos yang terdata sebagai video analisis Persib Bandung.

Sebagaimana diketahui, Passos merupakan pelatih kiper dari Persib, tapi lisensi milik Passos rupanya tidak sesuai dengan regulasi terbaru untuk kompetisi Liga 1 yang berada di bawah AFC. Sehingga, Passos pun terdaftar dengan titel lain.

Kini, Persib mendaftarkan Gatot Prasetyo sebagai pelatih kiper Persib, karena yang bersangkutan memiliki standar lisensi yang sesuai. Sementara itu, Passos tengah mengurus pembaharuan lisensi miliknya, supaya berstandar sama dengan ketentuan AFC.

“Kronologisnya, Passos sudah di Indonesia selama lima tahun. Selama ini, sertifikat kepelatihan selalu diterima dan tidak ada masalah,” buka Teddy Tjahjono selaku direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), dikutip laman resmi Persib.

“Sekarang ada regulasi baru dari AFC yang menyatakan pelatih kiper harus level 1 dan diberi waktu mepet. Bagaimana klub yang sudah kontrak pelatih tiba-tiba harus mengganti menjadi level 1, kurang dari dua hari [sebelum kick-off].”

“Sertifikasi itu harus diberikan instruktur dari AFC. Selama pendemi AFC tidak melakukan kursus instruktur. Bagaimana peserta dapat sertifikat, kalau kursus tidak ada.”

“Solusinya sebagai analisis. Pak Gatot sebagai pelatih kiper sebab memenuhi kriteria untuk level 1. Passos juga mumpuni untuk menganalisis pertandingan,” tukas Teddy menjelaskan situasi tersebut.

Pada pekan pertama Liga 1, memang banyak keanehan dalam daftar susunan pemain di berbagai pertandingan. Contohnya, Stefano Cugurra yang terdata sebagai manajer klub, lantaran lisensi pelatih Teco dianggap belum disetarakan.

Situasi ini bukan hanya terjadi pada Persib dan Bali United, tapi di beberapa klub yang menggunakan jasa pelatih asal Brasil dan tidak mengambil kursus di AFC. Bagaimana pun, selalu ada solusi untuk menyiasati hal tersebut.

Persib sendiri mampu meraih tiga poin pada pekan perdana Liga 1 2021/22, dengan mengalahkan Barito Putera, 1-0. Gol semata wayang Maung Bandung dipersembahkan oleh gelandang anyar mereka, Marc Klok.

“Ada dua, satu untuk anak saya. Dia di Belanda sekarang. Saya rindu dia sekali. Saya pikir gol ini untuk dia, tapi juga untuk Bobotoh,” ujar Klok, mendedikasikan golnya. “Saya baru datang di Persib. Semua Bobotoh kasih rasa terbaik untuk saya. Mereka kasih welcome, welcome terbaik. Saya pikir ini juga apresiasi kembali untuk Bobotoh.”