Inspeksi FIFA Makin Dekat, Stadion di Palembang Siap untuk Piala Dunia U-20?

Meski masih lebih kurang dua tahun lagi, Sumatra Selatan yang sebelumnya dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 tetap berkomitmen. Mereka terus melakukan persiapan dan menjaga infrastruktur yang mungkin baru dibangun.

Terlebih dari informasi yang didapat Pemerintah Provinsi, utusan FIFA akan datang menyambangi Sumatra Selatan, untuk melihat Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dan Stadion Bumi Sriwijaya.

Gubernur Sumsel, Herman Deru, terjun langsung meninjau Stadion Bumi Sriwijaya, untuk memastikan dan melihat kondisi terkini fasilitas di sana. Sebut saja lintasan trek lari, ketinggian rumput, hingga sarana dan prasarana lain seperti kursi penonton di tribun.

“Jadi kami punya lapangan utama yaitu Gelora Sriwijaya Jakabaring dan tiga penunjang termasuk di Stadion Bumi Sriwijaya untuk kesiapan Piala Dunia U-20 2023. FIFA akan datang Januari nanti,” kata Herman Deru.

Kendati infrastruktur telah memenuhi kriteria FIFA, orang nomor satu di Sumatra Selatan ini menekankan bahwa semua itu belum cukup. Diperlukan antusiasme dan animo masyarakat dalam menyambut Piala Dunia U-20.

Sehingga, Pemprov Sumsel tidak hanya gencar membangun infrastruktur, melainkan juga memberikan sosialisasi terkait daerah mereka yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

“Kalau untuk syarat-syarat infrastruktur rasanya sudah mendekati 100 persen artinya mencukupi standar. Hanya saja, kami meningkatkan lagi opini bahwa Sumsel ini memang siap. Makanya perlu ditunjukan kepada dunia,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Sumsel, Hendri Zainuddin, memastikan gubernur sudah melihat secara langsung bagaimana kesiapan dari Stadion Bumi Sriwijaya. 

“Januari nanti itu ada kunjungan FIFA, jadi hari ini Gubernur Sumsel mengecek kesiapannya,” pungkas pria yang juga menjabat presiden klub Liga 2, Sriwijaya FC, tersebut.