5 Debutan Tersukses di Liga 1 2021-2022, Pemain asal Brasil Mendominasi

Liga 1 2021-2022 telah resmi bergulir per 27 Agustus tahun ini. Namun seluruh pertandingan di pekan pertama Liga 1 2021-2022 baru berakhir akhir minggu lalu.

Dari pekan pertama tersebut, ada banyak pemain baru yang menjalani debut di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, termasuk pemain lokal dan pesepak bola asing.

Di dalam daftar debutan tersukses di Liga 1 2021-2022 ini didasarkan pada keberhasilan pemain dalam menciptakan gol untuk timnya masing-masing.

Selain itu, meski statusnya masih debutan, mereka sudah dipercaya pelatihnya untuk tampil penuh selama 90 menit. Dua hal tersebut yang menjadi dasar pembuatan daftar ini.

Meski salah satu kriterianya berdasarkan gol, tak menghalangi pemain yang berposisi sebagai bek tengah masuk ke dalam daftar ini.

Adapun dalam pengurutannya, daftar ini disusun berdasarkan pemain dengan usia paling muda. Berikut daftar 5 debutan tersukses di Liga 1 2021-2022:

1. Ramai Rumakiek

Nama pertama datang dari Indonesia. Pemain berposisi penyerang sayap kanan ini dimainkan pelatih Persipura, Jacksen F Tiago sebagai starter.

Liga 1 2021-2022 merupakan musim debutnya bersama tim senior. Sebelumnya, Ramai Rumakiek bermain untuk Persipura U-18.

Meski begitu, Jacksen F Tiago memberi kepercayaan lebih kepada pemain kelahiran 19 April 2002 tersebut.

Rumakiek pun menjawab kesempatan yang diberikan pelatih dengan sempurna. Rumakiek berhasil menyumbangkan satu gol untuk Persipura.

Memanfaatkan umpan silang dari Yevhen Bokhashvili, Rumakiek mencetak gol melalui kepalanya pada menit ke-16. Gol Rumakiek merupakan gol penyeimbang kedudukan.

Namun sumbangan gol Rumakiek rupanya belum dapat menghindarkan Persipura dari kekalahan. Persipura menyerah 1-2 dari Persita Tangerang.

Bermain penuh selama 90 menit dan torehan satu gol tentu sebuah capaian apik yang dilakoni pemain muda berusia 19 tahun.

2. Yann Motta Pinto

Bek asal Brasil ini datang pertama kali ke Indonesia pada Maret 2021 dan memilih Persija menjadi tim pertamanya di negeri ini.

Meski laga yang berlangsung di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor bukan laga debutnya bersama Persija, itu merupakan laga perdana di Liga 1.

Meski berposisi sebagai bek, Yann Motta Pinto sukses menjadi satu-satunya pencetak gol ke gawang PS Sleman.

Pemuda berusia 21 tahun itu mencetak gol setelah memanfaatkan bola muntah hasil halauan kiper Ega Rizky. Gol yang tercipta pada menit ke-17 itu menjadi gol pertama Persija di musim ini.

Hanya saja gol sumbangan Yann Motta tak mampu mengantarkan Persija meraih tiga poin pertamanya di Liga 1 2021-2022 setelah bermain imbang 1-1 melawan PS Sleman.

3. Hugo Gomes dos Santos Silva alias Jaja

Gelandang berusia 26 tahun mencoba peruntungannya di kompetisi sepak bola Indonesia pada Maret 2021 dan bergabung dengan tim Madura United.

Seperti halnya Yann Motta, Jaja sudah menjalani debutnya untuk Madura United ketika mengikuti turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

Namun laga menghadapi Tira Persikabo pada Jumat (3/9/2021) lalu merupakan laga debutnya di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Bermain penuh selama 90 menit, Jaja menjadi satu-satunya pencetak gol dari tim Laskar Sape Kerrap.

Eks-pemain Brasil U-20 itu membobol gawang Tira Persikabo pada menit ke-40. Dia mencetak gol lewat tendangan kaki kanannya setelah mendapatkan bola liar di dalam kotak penalti Tira Persikabo.

Namun, gol Jaja hanya mengantarkan Madura United meraih satu poin karena Tira Persikabo menyamakan skor.

4. Harrison Cardoso

Gelandang serang anyar Persita Tangerang ini resmi diperkenalkan sebagai bagian dari klub pada Juni 2021. Pemain asal Brasil itu merupakan wajah baru di Liga Indonesia.

Lelaki berusia 29 tahun itu dipercaya pelatih Widodo C Putro untuk tampil sebagai starter kala Persita bersua Persipura di pekan pertama Liga 1 2021-2022.

Tampil penuh selama 90 menit, Harrison Cardoso menyumbangkan satu gol penting yang membuat Persita unggul lebih dulu dari Persipura.

Harrison mencetak gol lewat titik penalti, tepatnya pada menit ke-15. Harrison Cardoso dan kolega akhirnya dapat mengamankan tiga poin pertama di Liga 1 2021-2022 setelah mengakhiri pertandingan dengan skor akhir 2-1.

5. Paulo Henrique

Laga melawan Bhayangkara FC, Minggu (29/8/2021) malam, memang menjadi debut striker Persiraja, Paulo Henrique di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Mantan pemain Santa Lucia FC itu mampu tampil apik di sepanjang pertandingan. Ia menjalankan peran di lini depan Persiraja dengan baik.

Hasilnya, satu gol berhasil disarangkannya pada laga debut tersebut. Pemain asal Brasil ini mencetak gol melalui kepala pada menit ke-32.

Sayang, gol yang diciptakan striker berusia 30 tahun itu gagal menghindarkan Persiraja dari kekalahan. Persiraja kalah 1-2 atas Bhayangkara FC dalam laga tersebut.